Hari Ini Batas Akhir Masukan dan Tanggapan DPS Pilkada

KPU umumkan daftar pemilih sementara pilkada serentak 2015.
Sumber :
  • VIVA/Moh Nadlir

VIVA.co.id - Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Ferry Kurnia Rizkiansyah meminta masyarakat, partai politik, maupun pasangan calon memanfaatkan kesempatan hari terakhir pengumuman masukan dan tanggapan terkait Daftar Pemilih Sementara Pemilihan Umum Kepala Daerah yang akan berakhir pada hari ini.

Ahok Tak Sudi Disebut Petugas Partai

Tahapan pengumuman dan tanggapan masyarakat terhadap DPS telah dibuka sejak 10 September sampai 19 September 2015. Dengan kata lain, Sabtu ini menjadi hari terakhir yang harus dimanfaatkan.

“Optimalkan kalau memang ada data-data yang belum masuk atau ada daftar pemilih yang memang belum tercover dengan baik,” ujar Ferry di Kantor KPU, kemarin.

Ferry menegaskan, nantinya pada saat penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT), tak boleh lagi ada permintaan perubahan data. Pasalnya, hasil perbaikan DPS akan dijadikan sebagai DPT. Karena itu, petugas akan mengandalkan masukan dari masyarakat yang dikumpulkan selama kurun waktu tersebut.

Selain itu, menurutnya, masa pengumuman masukan dan tanggapan terkait Daftar Pemilih Sementara (DPS) penting untuk mencegah munculnya masalah diujung yakni pada waktu penetapan. Khawatirnya, proses tersebut justru akan memakan waktu yang lebih lama lagi.

“Atau nanti akan ada komplain-komplain pas waktu penetapan DPT, makanya lebih baik sekarang,” ungkap mantan Ketua KPU Jawa Barat tersebut.

Ferry menambahkan, selama kurun waktu masa pengumuman tersebut, dirinya mengakui bahwa KPU belum dapat mendata berapa jumlah masukan yang diterima petugas di lapangan. Alasannya, masukan dan tanggapan semua pihak baru sampai di tingkat petugas pemungutan suara (PPS) di lapangan.

“Kita belum detail infonya, ini menjadi ranah domainnya teman-teman di lapangan. Tapi saya yakin di daerah pasti ada, nah ini makanya saya sampaikan, jangan hingga penetapan DPT pada 2 Oktober nanti,” paparnya.

Sampai saat ini, kata Ferry jenis-jenis masukan yang masuk ke petugas KPU di lapangan, yakni diantaranya mengenai data pemilih ganda, data pemilih belum tercantum, pemilih yang masih tercantum namun yang bersangkutan sudah tidak berdomisili maupun meninggal di dunia.

“Jenis-jenis itu harus segera disampaikan ke PPS setempat,” katanya.

Hasto Datangi KPK

PDIP Masih Cari Momentum Baik untuk Umumkan Cagub DKI

Alasannya, saat ini masih sibuk bicarakan cagub daerah lain.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016