Kebakaran Hutan Terjadi Tiap Tahun, Negara Gagap Bencana

Sorot Asap Jambi Sorot
Sumber :
  • ANTARA/Rony Muharrman
VIVA.co.id
Mengapa Praktik Bakar Hutan Berulang Lagi?
- Anggota Komisi lV DPR, Andi Akmal Pasludin mengatakan, permasalahan kebakaran hutan yang saat ini terjadi merupakan masalah klasik yang terus berulang. Oleh sebab itu, harus diambil langkah komprehensif agar masalah tersebut tidak kembali terulang. 

DPR Pertanyakan SP3 atas Perusahaan Tersangka Pembakar Hutan
Demikian ungkap Andi dalam sebuah diskusi di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, pada Sabtu, 19 September 2015. 

Zumi Zola Berikan Eskavator Tiap Kecamatan di Jambi
"Jangan sampai terjadi lagi (kebakaran hutan) tahun depan, harus diambil langkah komprehensif. Jangan sampai seperti pemadam kebakaran, ketika kebakaran baru ribut, semua orang baru turun," kata Andi.

Andi lantas menyebut pemerintah seakan gagap dalam menghadapi permasalahan ini. Padahal menurut dia, sebelumnya telah ada peringatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) terkait adanya el nino (gelombang panas) yang akan datang dan hal tersebut bisa memicu kebakaran hutan. Dia pun menyatakan DPR telah memperingatkan pemerintah sebelumnya. 

"Kami tentu sayangkan dan pertanyakan kehadiran negara saat terjadi kebakaran, karena kejadian sudah (terjadi) 17 tahun dan seperti siklus," ujar dia.

Andi menyatakan pihaknya siap membantu pemerintah dalam mengatasi permasalahan ini. 

"Kami akan bantu dari sisi anggaran, tapi jangan sampai terjadi lagi tahun depan," kata Andi seraya meminta pemerintah segera memadamkan kebakaran di Pulau Sumatera.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya