DPR Desak Pemerintah Ikut Terlibat Investigasi Tragedi Mina

Tragedi Mina
Sumber :
  • REUTERS/Saudi Red Crescent/Handout via Reuters
VIVA.co.id
Komisi VII Dukung Upaya Pemerintah Perkuat Pertamina
- Ketua fraksi partai Gerindra DPR RI, Ahmad Muzani mengatakan pemerintah Arab Saudi harus membuka diri dilakukannya investigasi terhadap tragedi Mina. Dalam investigasi tersebut, Indonesia harus dilibatkan, karena banyak jemaah haji asal Indonesia yang menjadi korban. 

Pimpinan DPR Nilai Sudah Cukup Bukti Jadikan Ahok Tersangka
Muzani meminta pemerintah dalam hal ini Kementerian Luar Negeri segera melakukan komunikasi dengan pemerintah Arab Saudi."Kita harus mendesak pemerintah Arab Saudi untuk melakukan ivestigasi secara transparan, terbuka, menyeluruh dan kita dilibatkan," kata Ahmad saat dihubungi, Minggu 27 September 2015.

Cita Citata Cabut Laporan terhadap Anggota DPR
Anggota Komisi I DPR RI ini menegaskan Indonesia mempunyai kepentingan terkait investigasi ini. Dimana Indonesia sebagai salah satu negara dengan jemaah haji yang berjumlah besar setiap tahun.  

"Dulu pemerintah Arab ketika menetapkan kuota haji, itu kan dibicrakan dalam OKI, kita ikut terlibat dan dalam kesempatan itu kita taati. Sekarang, kita yang jadi korban mestinya hal yang sama dilakukan oleh pemerintah arab saudi. Itu suatu keharusan," kata dia. 

Ahmad mengingatkan Kementerian Luar Negeri tidak boleh gagal dalam diplomasi ini. Keterlibatan Indonesia dalam investigasi demi kebaikan pelaksanaan ibadah haji ke depan.

"Diplomasi kita tidak boleh gagal dan kita harus masuk dalam investigasi itu. Kita harus mendesak pemerintah Arab untuk ikut dalam investigasi dan ini untuk kebaikan Arab sendiri," lanjut Ahmad. (ren)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya