Alwi Shihab: Tragedi Mina Momentum untuk Introspeksi

Tragedi Mina
Sumber :
  • newindianexpress.com

VIVA.co.id - Utusan Khusus RI untuk Timur Tengah Alwi Shihab mengatakan, tragedi Mina yang menewaskan ratusan jiwa beberapa waktu lalu adalah teguran agar semua pihak yang berkepentingan introspeksi diri.

Pesan Menag di Hari Kenaikan Isa Almasih: Melayani Sesama dan Merajut Kebersamaan!

Menurut dia, tidak ada yang salah dan yang benar mengenai masalah ini. "Saya yakin yang terjadi kemarin kita tidak perlu mencari siapa yang salah dan benar, ini momentum untuk introspeksi, bahwa kita tahu jemaah haji banyak yang tidak disiplin,” ujarnya di Jakarta, Kamis, 1 Oktober 2015.

Ia menilai, jemaah Indonesia juga banyak yang tak disiplin. Ketika sudah ditetapkan jam sekian dan jalur sekian. Namun, masih ada yang melakukan pelanggaran "Lalu kalau ada pelanggaran, kan tidak bijaksana kita salahkan Saudi,” ujarnya menambahkan.

554 Kloter Jemaah Haji Reguler Sudah Dirilis, Siap Berangkat Mulai 12 Mei 2024

Namun, ia tetap meminta Pemerintah Arab Saudi melakukan evaluasi terkait penyelenggaraan ibadah haji di masa depan. Itu dilakukan agar musibah serupa tidak terulang.

"Nah, oleh sebab itu kita tunggu hasil investigasi, supaya kita tahu apa yang terjadi."

437 Petugas Haji Indonesia Berangkat ke Tanah Suci, Ini Pesan Kemenag

(mus)

Bimtek Tenaga Pendukung PPIH Arab Saudi

Siap Layani Jemaah Haji, 644 Tenaga Pendukung PPIH Jalani Bimbingan Teknis

Selama bimtek, tenaga pendukung mendapat pembekalan teknis terkait tugas operasional dalam penyelenggaraan ibadah haji. Seperti materi yang berkaitan tugas dan fungsi.

img_title
VIVA.co.id
9 Mei 2024