Inilah Tiga Titik yang Diduga Hilangnya Pesawat Aviastar

Titik lokasi diduga hilangnya pesawa Aviastar.
Sumber :
  • Irwandi / VIVA.co.id
VIVA.co.id
Lion Air Bantah Ada Pesawatnya Hilang Kontak
- Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Suprasetyo, mengatakan pesawat Aviastar Type DHC6-300 berangkat dari Bandara Andi Jemma di Masamba pukul 14.25 WITA dengan tujuan ke Bandara Internasional Sultan Hasanuddin di Makassar, Sulawesi Selatan.

Simpang Siur Hilangnya Pesawat Rusia
Sesuai dengan jadwal, pesawat tersebut akan sampai di Makassar sekitar pukul 15.39 WITA, Jumat 2 Oktober 2015. Namun, menurut Kementerian Perhubungan pesawat lost contact pada pukul 14.33 WITA (sebelumnya 14.36).

Tujuh Kasus Pesawat Hilang yang Tak Terlacak Hingga Sekarang
"Dari catatan keterlambatan, semestinya waktu tempuh penerbangan yang biasanya dari Bandara Andi Djemma Masamba ke Makassar selama 70 menit (1 jam 10 menit), dan pesawat tersebut harus tiba di Makassar pada pukul 15.35 WITA," ungkap AKBP Muhammad Endro selaku Kapolres Luwu Utara.

"Jumat 2 Oktober 2015 telah terjadi lost contact pesawat DHC 6 yang dioperasikan Aviastar. pada pukul 14.25 take off dari bandar udara Masamba kemudian pukul 14.33 lost contact, diperkirakan pesawat tiba di Makassar pukul 15.39," ujar Suprasetyo di Kantornya, Jalan Medan Merdeka Barat, Jum'at 2 Oktober 2015 malam.

Sementara itu, staf khusus Menteri Perhubungan, Hadi Mustofa Djuraid, menuturkan, pesawat Aviastar Type DHC6-300 lost contact pada pukul 14.33 WITA pada titik 14 Nautical Mile (NM) dari bandara Andi Jemma, Masamba.

"Lost Contact pukul 14.33 WITA pada titik 14 Nautical Mal (NM)," ujar Hadi.

Untuk itu, kata Hadi, diduga pesawat tersebut hilang contact di tiga titik, yakni di titik 14 NM, titik 24 NM dan 34 NM. 

Bahkan, kata dia, tim SAR lokal sudah stand by untuk melakukan pencarian. Kemudian tim Basarnas dan Kepala Basarnas malam ini sudah terbang ke Makassar.

Selain itu, Menteri Perhubungan sudah menghubungi Pangdam 7 Wirabuana untuk mendukung pencarian pesawat tersebut melalui darat. Fokus pencarian akan dilakukan pada titik tersebut.

"SAR lokal sudah stand by, kemudian basarnas dan kepala basarnas malam ini terbang ke Makassar. Kita juga sudah cari di bandar udara sekitar Massamba, tapi enggak ditemukan di lokasi yang kita cari."

"Jadi selain SAR, Pak Menteri juga sudah menghubungi Pangdam 7 Wirabuana untuk mendukung pencarian pesawat tersebut melalui darat. Tiga titk lokasi pesawat, pertama titik lost contact pada titik 14 NM, kemudian 24 NM dan 34 NM dari bandara Masamba," tuturnya. (one)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya