Diduga ELT Pesawat Aviastar Tak Berfungsi

Kepala KNKT Soerjanto Tjahjono.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anwar Sadat
VIVA.co.id
Lion Air Bantah Ada Pesawatnya Hilang Kontak
- Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) mendatangi kantor Aviastar untuk meminta informasi pesawat jenis Twin Otter DHC6 yang hilang kontak pada Jum'at malam 2 Oktober 2015. Informasi itu dibutuhkan untuk mencari keberadaan pesawat yang membawa tujuh penumpang dan tiga kru tersebut.

Simpang Siur Hilangnya Pesawat Rusia
"Kami mencari informasi apa yang diberikan pihak Aviastar, mereka kooperatif. Dari KNKT sudah mengirim tim ke Makasar, saat ini tim konsentrasi untuk membantu Basarnas mencari lokasi hilangnya pesawat, bagi kami itu berada yang penting saat ini," kata Kepala KNKT, Soerjanto Tjahjono, di kantor Aviastar, Kalimalang, Jakarta Timur.

Tujuh Kasus Pesawat Hilang yang Tak Terlacak Hingga Sekarang
Soerjanto menjelaskan, Emergency Locator Transmitter (ELT) atau alat pemancar sinyal gelombang radio ke satelit yang dimiliki pesawat tersebut jika mengalami benturan akan sulit untuk dideteksi. Maka dari itu, pihaknya meminta keterangan lebih rinci tentang kondisi terakhir pesawat.

"Pesawat tersebut memang mempunyai ELT. Tapi jika ada impact keras itu tidak berfungsi. Maka kami cari cara lain untuk menemukannya dengan posisi komunikasi terakhir, cuaca, angin," ucapnya. (one)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya