Tawa Riang Anak-anak Naik Tank Tempur TNI

Masyarakat naik kendaraan tempur tank TNI
Sumber :
  • ANTARA FOTO/HO/Sertu Mar Kuwadi

VIVA.co.id - Tawa riang anak-anak Sekolah Dasar seketika pecah. Mereka senang bukan kepalang. Bocah-bocah itu berhamburan mendekati mobil-mobil tank milik TNI.

Pasukan Garuda Juara Umum Ajang Olahraga di Afrika

Secepat kilat, mereka merangsek naik ke mobil yang baru dilihatnya secara nyata. Sejurus kemudian, atap mobil tank itu penuh sesak oleh bocah-bocah yang tengah kegirangan.

Hari ini, Senin, 5 Oktober 2015, merupakan hari jadi Tentara Nasional Indonesia ke-70. Bocah-bocah itu diberi kesempatan untuk berkeliling Lapangan Niti Mandala Renon menunggangi tank. Tak lupa, wajah mereka dicoreng moreng mirip tentara yang hendak terjun ke medan tempur.

Salah seorang anggota TNI, Letnan Satu Athar, mengaku institusinya memang mempersilakan bagi anak-anak dan warga Kota Denpasar untuk menunggangi mobil tank mereka.

"Tujuannya agar masyarakat bisa ikut merasakan kendaraan yang kita pakai dalam berperang," kata Athar di sela pameran alutsista di Lapangan Niti Mandala Renon.

Menurut dia, mobil tank yang akan digunakan berkeliling itu adalah jenis Anoa Varian 2. Mobil itu biasanya digunakan oleh pasukan penyerbu.

Latihan TNI di Tarakan untuk Amankan Kilang Minyak

"Di Bali kita memiliki 12 unit mobil jenis ini," kata Athar.

Sementara itu, salah satu anak, Cikal, mengaku senang bisa ikut menaiki mobil yang selama ini dilihatnya dari layar kaca saja. Bahkan dia memiliki mimpi agar suatu saat bisa bergabung dengan TNI.

"Kalau sudah besar mau jadi tentara aja," kata bocah kelas 2 SD tersebut.

Bocah 8 tahun tersebut rupanya sudah tahu jika hari ini adalah hari jadi TNI. Dia mengaku diberitahu oleh guru.

Dua Anggota Santoso yang Tewas Warga Asing

"Bu Guru yang kasih tahu, hari ini hari ulang tahun TNI," tutur Cikal. (ase)

Freddy Budiman semasa hidup saat di Lapas Nusakambangan

Begini Cara TNI Ungkap Testimoni Freddy Budiman

TNI telah membentuk tim investigasi mengusut informasi ini

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016