Jadi Gelandangan, Warga Mesir Ditangkap Satpol PP Bali

Ilustrasi paspor
Sumber :
  • Reuters
VIVA.co.id
Mesir Siap Bantu Kemerdekaan Palestina
- Seorang warga negara Mesir, Ashraff Mohamed Abdou Elborey kedapatan menggelandang di Kuta, Bali. Dia selalu 'tinggal dan menetap' di Halte Bus Sarbagita di depan Mall Bali Galeria. Curiga karena tak memiliki identitas dan tujuan jelas, Ashraff ditangkap Satpol PP.

Unik, Seekor Keledai Bisa Lompat di Mesir
Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Ngurah Rai Kementerian Hukum dan HAM, Yosep H.A Renung Widodo menjelaskan, Ashraff diserahkan kepada pihaknya pada 12 Agustus lalu.

Mekanik Mesir Dituding Jadi Tersangka Jatuhnya Pesawat Rusia
"Dia memiliki ITAS (Izin Tinggal Sementara). Kami sedang dalami bagaimana dia bisa memegang ITAS dan siapa sponsornya," kata Yosep di kantornya, Kamis, 8 Oktober 2015.

Dari hasil pemeriksaan, Ashraff kehilangan semua dokumen terkait bukti kewarganegaraannya. Tak diketahui persis bagaimana Ashraff bisa kehilangan seluruh dokumen identitasnya.

"Dia tidak memiliki dokumen paspor atau izin tinggal resmi di Indonesia. Yang bersangkutan tercatat di Imigrasi Ngurah Rai sebagai pemegang izin tinggal ITAS yang masa berlakunya habis pada 4 November 2014," papar dia.

Yosep mengaku telah menghubungi Kedutaan Besar Mesir di Jakarta melalui surat yang dikirimkannya. Komunikasi via surat itu utamanya berkaitan dengan dokumen perjalanan (paspor) dan tiket pemulangan Ashraff. Namun, hingga kini belum ada jawaban dari Kedubes Mesir terkait nasib Ashraff.

"Kami sedang menghubungi kedutaan, tapi mereka belum memberikan informasi yang kami perlukan. Ini aneh sekali, kedutaan tidak memperhatikan warga negaranya," kata Yosep menyesalkan. 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya