Nasdem Belum Terpikir Beri Bantuan Hukum ke Patrice Rio

Patrice Rio Capella Diperiksa KPK
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi
VIVA.co.id
Istri Kena Tuduhan Korupsi, PM Spanyol Bersiap Mengundurkan Diri
- Ketua DPP Partai Nasdem, Taufik Basari menyebut partainya belum mempertimbangkan untuk memberikan bantuan hukum kepada Patrice Rio Capella terkait kasus yang tengah menjeratnya.

Gara-gara Korupsi Beras Miskin, Kantor Desa di Lombok Disegel Warga
Patrice diketahui telah ditetapkan sebagai tersangka oleh penyidik KPK terkait dugaan suap kepada anggota DPR terkait penyelidikan Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara dan atau Kejaksaan Agung.

Kabar Sandra Dewi Dicekal Kejagung, Pengacara Harvey Moeis Bilang Begini
"Sejauh ini kita belum pertimbangkan untuk memberi bantuan hukum pada pak Rio Capella," kata Taufik, saat ditemui di kawasan Jakarta Pusat, Sabtu, 17 Oktober 2015.

Taufik menyebut salah satu alasan tidak adanya bantuan hukum adalah karena Patrice telah didampingi pengacara senior, Maqdir Ismail. Menurut dia, pendampingan yang diberikan Maqdir dinilai sudah sangat cukup.

Selain itu, Partai Nasdem juga tidak memberikan pendampingan karena Patrice disebut sudah mengundurkan diri sebagai anggota partai. "Kemarin mundurnya Rio Capella tidak hanya sebatas dari jabatan Sekjen, tapi juga anggota DPR dan anggota atau kader Partai Nasdem," ujar Taufik.

Kendati demikian, Taufik enggan menyebut bahwa Partai Nasdem lepas tangan dengan tidak adanya pendampingan hukum kepada Patrice.

"Saya rasa tidak bisa dikatakan lepas tangan, kita jalani komitmen yang kita bangun sejak awal, jadi jauh sebelum kejadian. Kita sudah berulang katakan, jika ada kader yang terlibat kasus hukum terutama korupsi, pilihannya dua, mengundurkan diri atau diberhentikan, dan itu berlaku bagi siapapun termasuk saya," tegas dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya