Ini Kata Buwas Soal Tembakau Cap Gorila

Kepala BNN Komjen Budi Waseso
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id - Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen (Pol) Budi Waseso melakukan pertemuan dengan Menteri Sosial Republik Indonesia, Khofifah Indar Parawansa, Senin 19 Oktober 2015.

Sudah Tiga Ladang Ganja Ditemukan TNI di Papua

Dalam pertemuan ini, Buwas menyampaikan beberapa hal yang terkait dengan bahaya peredaran narkotika yang saat ini menjadi ancaman serius bagi bangsa Indonesia. Terlebih lagi sekarang muncul Tembakau Gorila, yang diduga masuk salah satu narkotika jenis baru

"Sekarang ini muncul lagi yang namanya tembakau cap gorila. Tembakau ini murah dan mudah didapat. Bahkan, dijual juga secara online," kata Buwas saat berbincang dengan Khofifah di Gedung Kementerian Sosial, Senin 19 Oktober 2015.

Tembakau Kingkong

Baku Tembak, Bandar Ganja Roboh Diterjang Timah Panas


Selain dapat diperoleh secara bebas, lanjut Buwas, tembakau cap gorila ini dapat diperoleh dengan mudah dan dengan harga berkisar Rp25 ribu untuk tiap bungkusnya.

"Satu bungkus itu bisa dipakai 4 sampai 5 orang. Begitu hari ini pakai, besoknya akan ketagihan lagi, ini berbahaya," ujar Buwas.

Dia menambahkan, setelah dilakukan uji lab terhadap tembakau tersebut, diketahui itu hanyalah merupakan tembakau biasa. Hanya saja adanya tambahan suatu zat kimia tertentu yang menjadikannya masuk kategori narkotika.

"Setelah lab kami bekerja sama dengan lab Polri dan lab kesehatan, ini sebenernya tembakau biasa, tapi ada campuran kimia. Ini akan kita cari masuk kategori narkotika golongan mana," ujarnya.

Menurut Buwas, menekan peredaran narkoba bukanlah hal yang mudah. Terbukti dengan adanya 350 jenis narkoba yang beredar di seluruh dunia. Sebanyak 38 jenis narkotika tersebut sudah masuk ke Indonesia.

Asyik Isap Ganja, Pria Ini Diciduk Polisi

"Ini yang harus kita waspadai terus," katanya

Meskipun sulit untuk memberantas peredaran narkotika, Buwas meyakini hal tersebut bukanlah suatu hal yang mustahil. Jika semuanya bersatu padu untuk memerangi barang haram tersebut, bukan tak mungkin suatu saat nanti Indonesia akan terbebas dari narkoba.

"Jika kita semua berpikiran sama, saya yakin itu bisa diatasi," ujarnya. (one)

Polisi temukan tiga hektare ladang ganja di Sumatera Utara

Polisi Amankan Ladang Ganja 3 Hektar Siap Panen di Sumut

Polisi juga mengamankan dua orang pemilik ladang tersebut

img_title
VIVA.co.id
9 April 2016