Wartawan Cilik ke Jokowi: Bapak Waktu Kecil Pernah Bolos?

jokowi saat diwawancara oleh reporter cilik
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id - Presiden Joko Widodo kedatangan tamu spesial di rumah dinasnya, Istana Merdeka, Selasa, 20 Oktober 2015. Tamu tersebut bukan pejabat tinggi atau tokoh penting, melainkan puluhan reporter cilik dari beberapa sekolah.

Jokowi Salat Jumat di Bandara Soekarno-Hatta

Puluhan reporter cilik itu, secara bergantian mengajukan pertanyaan ke Presiden Joko Widodo layaknya wartawan. Presiden juga serius menanggapi satu per satu dari pertanyaan murid-murid yang masih duduk di bangku sekolah dasar ini.

Banyak pertanyaan reporter cilik ini yang terbilang lucu. Walau ada juga yang tampak serius, sehingga Presiden Jokowi juga menjawab dengan serius.

Wafid salah satunya. Bolos sekolah dan mengerjakan pekerjaan rumah (PR) menjadi pertanyaan dia ke Presiden Jokowi.

"Apa Bapak waktu kecil pernah bolos atau enggak kerjakan PR?" tanya dia ke Jokowi.

Jokowi dengan serius juga menjawab pertanyaan reperter cilik ini. "Enggak pernah sekali pun, enggak pernah bolos kalau saya," jawab Jokowi.

Presiden Jokowi mengisahkan, guru-gurunya dari SD hingga SMP, sudah banyak yang meninggal.

Tak hanya soal sekolah, Wafid juga menanyakan sosok keluarga Jokowi. Dia menanyakan orang nomor satu ini anak ke berapa.

"Anak ke satu dari empat bersaudara. Enggak pernah bolos," tambah Jokowi.

Kepada Wafid dan reporter cilik lainnya, Presiden Jokowi menceritakan saat kecil, selalu mengerjakan PR setiap pulang dari sekolah. Sehingga tugas-tugas PR itu tidak pernah ia tinggalkan.

"Bagus (nilainya). Dulu SD juara 1. SMA juga juara umum, satu sekolah," jawab Jokowi.

Walau mengaku berprestasi, Jokowi mengaku ke para reporter cilik ini lebih senang ikut lomba membaca puisi maupun drama. Jokowi juga mengaku, tidak pernah ikut lomba menyanyi solo. Tetapi, lebih sering kalau ramai-ramai.

"Kalau renang pernah ikut, bapak dulu jago renang," lanjut Presiden Jokowi.

Mengetahui beban kerja Presiden yang cukup berat, seorang reporter cilik juga sempat bertanya apakah Jokowi pernah stres atau tidak.

"Hidup itu enggak boleh kelihatan sedih, enggak boleh kelihatan stres. Enggak boleh, harus cerah terus," jawab Jokowi.

Presiden mengatakan, agar setiap masalah untuk diselesaikan. Selain pertanyaan dari para reporter cilik, Jokowi juga berkesempatan untuk bertanya ke mereka. Jokowi juga meminta salah satu reporter cilik untuk bernyanyi.

Adalah Ananda Maulidianti, reporter cilik asal Bekasi yang langsung maju. Ia menyanyikan lagu dari One Direction berjudul What Makes You Beautiful. (one)

Maket Stasiun Kereta Api di dalam area Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten

Presiden: Proyek Kereta Bandara Selesai Sesuai Target 2017

Terkendala lahan yang belum dibebaskan

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016