Pemerintah Siapkan Lokasi Evakuasi untuk Korban Asap

Kabut asap tebal di Muara Teweh
Sumber :
  • ANTARA/Kasriadi

VIVA.co.id - Inspektur Jenderal Kementerian Dalam Negeri Tarmizi A. Karim mengatakan, pemerintah sudah menyiapkan tempat evakuasi bagi pengungsi asap di Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan.

Indonesia Targetkan 2 Juta Hektare Gambut Dipulihkan

"Arahan dari Presiden sebisa mungkin evakuasi jangan berjauhan dari tempat tinggal. Kalau masih bisa di kota itu sendiri asal oksigen masih bagus," ujar Tarmizi di sela acara rapat TLHP di gedung Kementerian Dalam Negeri, Jakarta, Senin, 26 Oktober 2015.

Ia mengatakan, untuk tahap awal di Kalimantan Tengah sudah disiapkan tempat evakuasi untuk 200 orang. Lalu untuk Kalimantan Selatan sudah disediakan tempat serupa dengan asrama haji yang bisa menampung sekitar 700 orang pengungsi.

Jokowi Bentuk Badan Restorasi Gambut

Ia menjelaskan, dari tempat yang sudah disiapkan tersebut, ia akan berkoordinasi dengan kementerian kesehatan untuk meminta kebutuhan bagi para pengungsi seperti oksigen dan air purifier.

Tarmizi menuturkan, evakuasi akan diprioritaskan bagi anak-anak dan bayi. Sebab, indeks standar pencemaran udara (ISPU) khususnya di Kalimantan Tengah sudah sangat tinggi mencapai di atas 200.

Sementara ISPU di Kalimantan Selatan menurutnya memang lebih rendah dibandingkan Kalimantan Tengah. Sehingga ada kemungkinan tempat evakuasi yang berada di Kalimantan Selatan juga diberikan untuk pengungsi dari Kalimantan Tengah.

(mus)

KontraS: Polisi Gamang Tangkap Korporasi Pembakar Hutan
Petugas menunjukkan sebaran titik api yang muncul di sejumlah kawasan hutan dan lahan di Indonesia

Riau Kembali Alami Musim Kemarau

Meski sebagian wilayah mengalami hujan, di Riau masih ada titik api.

img_title
VIVA.co.id
3 Februari 2016