Sulit Teridentifikasi, 7 Korban Hercules Jatuh Dimakamkan

Pemakaman tujuh korban Hercules C-130 yang tidak teridentifikasi
Pemakaman tujuh korban Hercules C-130 yang tidak teridentifikasi
Sumber :
  • Budi Satria

VIVA.co.id - Tujuh jenazah korban jatuhnya pesawat Hercules C-130 milik TNI Angkatan Udara di Jalan Jamin Ginting Medan, Sumatera Utara, dimakamkan secara massal, Kamis, 29 Oktober 2015. Pemakaman ini berlangsung setelah pihak berwenang tidak kuasa memastikan identifikasi tujuh korban tersebut karena kondisi jenazah yang tidak bisa memungkinkan lagi untuk diperiksa.

"Kita telah melakukan rapat koordinasi bersama pihak keluarga dan mereka setuju untuk dimakamkan secara massal, karena kita tidak mengetahui secara pasti identitasnya," kata Komandan Lapangan Udara Soewondo Medan, Kolonel Pnb Arifiien Sjahrier, kepada wartawan.

Terlihat lima peti berisi jenazah secara utuh sedangkan dua peti lainnya berisi potongan-potongan tubuh. Seluruh jenazah sempat disemayamkan di Lapangan Soewondo.

Sejumlah keluarga korban terlihat tak kuasa menahan tangis ketika peti jenazah dimasukkan ke liang lahat. Harapan agar jasad keluarga mereka dapat diidentifikasi telah pupus.

"Kami sudah memberikan tes DNA, tapi gagal teridentifikasi akhirnya kami ikhlas," kata Husna salah satu orangtua korban.

Dengan pemakaman ketujuh jenazah korban jatuhnya pesawat Hercules C130 ini menjadi akhir dari proses identifikasi seluruh korban insiden jatuhnya pesawat naas tersebut.

Pesawat Hercules C-130 milik TNI Angkatan Udara jatuh di pemukiman penduduk di Jalan Jamin Ginting pada 30 Juni 2015. Tercatat 131 orang tewas dalam peristiwa naas ini. Penyebab jatuhnya pesawat ini sendiri masih dalam penyelidikan. (ren)