Penanganan Dampak Kabut Asap Jadi Agenda Prioritas

Jokowi Orang Rimba
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan
VIVA.co.id
Mengapa Praktik Bakar Hutan Berulang Lagi?
- Presiden Joko Widodo melanjutkan agenda kunjungan kerja secara maraton ke daerah-daerah yang terdampak kabut asap. Setelah kemarin mengunjungi Jambi, hari ini, Sabtu 31 Oktober 2015, berada di Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

DPR Pertanyakan SP3 atas Perusahaan Tersangka Pembakar Hutan

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani mendampingi Presiden Jokowi dalam kunjungan yang diantaranya meninjau Lahan Hutan Gambut, di Kabupaten Pulang Pisau.
Zumi Zola Berikan Eskavator Tiap Kecamatan di Jambi


Menko Puan mengungkapkan, sebenarnya sudah jauh-jauh hari menjadwalkan kunjungan ke lokasi kabut asap. Namun, agenda itu bersamaan dengan tugas lain dari Presiden Jokowi, termasuk saat harus ikut mendampingi dalam kunjungan kenegaraan ke AS awal pekan ini.


Sempat beredar kabar bahwa Puan belum pernah berkunjung ke daerah terdampak kabut asap. Namun, Puan justru berinisiatif pulang lebih cepat saat mendampingi lawatan Presiden Jokowi ke Amerika Serikat awal pekan ini.


Menurut Puan, kementerian yang dipimpinnya telah menempatkan penanganan dampak kabut asap ke dalam agenda prioritas. “Karena itu K/L (kementerian/lembaga) di bawah Kemenko PMK seperti Kementerian Kesehatan, Kemendikbud, Kemensos dan BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) akan terus mengupayakan bantuan kepada masyarakat terdampak,” ujar Puan.


Kemenko PMK sejak bencana asap terjadi telah menginstruksikan BNPB untuk memastikan upaya penanggulangannya. “Kemenko PMK juga sudah menginstruksikan agar pemberian bantuan untuk korban dan masyarakat terdampak kabut asap dilakukan secara maksimal,” katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya