Wapres Salahkan Transportasi Penyebab Tewasnya dr Andra

dr Dionisius Giri Samodra (24) atau Andra (atas tengah)
Sumber :
  • Warid Pahlawi

VIVA.co.id - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) memberikan komentar soal wafatnya dokter magang Dionisius Giri Samudra atau Andra di Rumah Sakit Bumi Cendrawasih, Kepulauan Aru, Maluku.

Ibunda: Tuhan Persiapkan Andra untuk Jadi Pahlwan

Ia menilai wafatnya Andra bukan karena persoalan rumah sakit. "Fasilitas transportasi yang sulit," ujar JK saat ditemui wartawan di kantor Wakil Presiden, Jakarta, Jumat 13 November 2015.

Ia menambahkan tentunya menteri kesehatan tak bisa mengurus persoalan transportasi seperti pesawat terbang dan kapal laut. Sehingga yang kurang diperhatikan dalam konteks ini sebenarnya soal transportasi dan infrastruktur.

Kasus Dokter Andra, Kemenkes Janji Perbaiki Faskes Daerah

Selanjutnya, ia mengakui rumah sakit di tingkat kabupaten memang tak sebagus di kota. Meski begitu, ia menuturkan dokter juga manusia biasa. "Bisa sakit juga," ujar JK.

Sebelumnya, Andra didiagnosis mengidap campak dan komplikasi infeksi otak. Jelang wafat, ia demam tinggi dan mengalami penurunan kesadaran. Sebab keterbatasan fasilitas, Rumah Sakit Cendrawasih tak bisa menanganinya.

Cerita Sahabat Kenang Masa-masa Kritis Dokter Andra

Sementara itu, Andra juga tidak bisa dirujuk ke rumah sakit yang lebih besar karena keterbatasan biaya dan transportasi. Pasalnya, gaji Andra hanya Rp2,5 juta.

Lagi Dokter Rekan Kerja dr Andra Meninggal di Dobo Maluku

Penanganan kurang optimal. Dokter Nanda sempat koma.

img_title
VIVA.co.id
16 Desember 2015