Dokter Andra Wafat, Menkes Salahkan Undang-undang Kedokteran

dr Dionisius Giri Samodra (24) atau Andra (atas tengah)
Sumber :
  • Warid Pahlawi
VIVA.co.id
Lagi Dokter Rekan Kerja dr Andra Meninggal di Dobo Maluku
- Menteri Kesehatan Nila Farid Moeloek tak ingin disalahkan terkait kematian Dokter Dionisius Giri Samudra, atau Andra, saat bertugas di pedalaman. Bahkan, Nila menegaskan bahwa timnya sudah bertindak sesuai dengan aturan yang ada.

"Kita tidak bisa melihat hal itu hanya dari sisi Kemenkes. Tolong dilihat juga Undang-undang Pendidikan Dokter, kalau perlu direvisi, ya akan direvisi," kata Nila, saat menjadi pembicara di Pusat Diagnostik RSUD Dr Soetomo, Surabaya, Sabtu 14 November 2015.

Ibunda: Tuhan Persiapkan Andra untuk Jadi Pahlwan

Meski demikian, Nila membantah, dalam kasus itu Kemenkes lepas tangan begitu saja. Sebab, untuk setiap dokter yang membuka praktik di daerah, Kemenkes selalu menempatkan pula dokter-dokter yang lebih senior untuk melakukan supervisi.

"Termasuk, di rumah sakitnya pasti juga ada supervisinya," kata Nila.

Kasus Dokter Andra, Kemenkes Janji Perbaiki Faskes Daerah

Saat ditanya mengenai kepastian penyebab kematian Dokter Andra, Nila masih belum bisa memberikan jawaban yang jelas. "Saya tidak tahu pasti, karena belum dapat laporan tertulis, tetapi katanya kena radang selaput otak," ujarnya.

Sebelumnya, beberepa hari lalu, Dokter Andra yang bertugas di pedalaman Aru, Maluku meninggal dunia.

Dokter Andra meninggal akibat menderita penyakit peradangan otak dan paru-paru, serta terlambatnya mendapatkan pertolongan. Diduga keterlambatan pertolongan itu, karena minimnya fasilitas kesehatan di daerah tersebut. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya