PDIP Sudah Kantongi Nama-nama Calon Pimpinan KPK

Pansel Gelar Tes Wawancara Terbuka Capim KPK
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ahmad Rizaluddin

VIVA.co.id - Partai Demokrasi lndonesia Perjuangan (PDI-P) telah mengantongi nama-nama yang akan dipilih menjadi pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

PDIP: Pemimpin Baru KPK Sudah Selesai Urusan Pribadinya

Saat ini, delapan calon pimpinan KPK tinggal menjalani uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) yang akan dilakukan DPR dalam waktu dekat. Sementara dua orang capim lainnya telah menjalani tes di DPR dan tinggal menunggu pemilihan.

Anggota Komisi lll DPR dari Fraksi PDI-P, Masinton mengatakan, partainya telah mengantongi nama-nama yang akan dipilih. "Sudah," kata Masinton di Gedung KPK, Jakarta, Rabu, 18 November 2015.

Basaria Panjaitan, Polwan Pertama Pimpin KPK

Menurut Masinton, PDIP masih mendalami nama-nama tersebut sebelum nantinya diperas menjadi 5 orang. Dia menyebut, ada beberapa kriteria yang harus dimiliki agar capim tersebut dipilih.

"Punya integritas, keberanian. Serta berani membongkar skandal korupsi besar yang sampai ratusan triliunan. Sepuluh-puluhnya oke, tapi harus dipilih 5."

Sekjen Golkar: Kritik Pimpinan Baru KPK Tradisi Jelek

Sebelumnya, Komisi III DPR telah menjadwalkan Rapat Dengar Pendapat Umum dengan Panitia Seleksi (Pansel) KPK, Selasa malam, 17 November 2015. Dalam rapat yang akan dimulai sekitar pukul 20.00 WIB, Komisi III meminta masukan terkait Calon Pimpinan (Capim) KPK.

Meski demikian, komisi yang membidangi hukum ini belum menjadwalkan waktu fit and proper test bagi calon pimpinan KPK. DPR juga belum dapat memastikan apakah pelaksanaan uji kelayakan dan kepatutan itu dapat dilakukan dalam waktu dekat.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya