Purwakarta Bakal Punya Jalan Tembus ke Bogor

Jalan tembus dari Purwakarta menuju Bogor dan Karawang
Sumber :
  • Jay Ajang Bramena/VIVA.co.id

VIVA.co.id - Mendapat predikat sebagai daerah dengan infrastruktur paling memuaskan di Jawa Barat, tak lantas membuat pemerintah Kabupaten Purwakarta berpuas diri. Proyek ambisius terus dicanangkan.

Negara Ini Berdasarkan Konstitusi

Berdasarkan hasil survei kepuasan publik oleh Pusat Studi Politik dan Keamanan - Pusat Kajian dan Kepakaran Statistika Universitas Padjadjaran, Purwakarta menjadi daerah dengan infrastruktur memuaskan di Jawa Barat.

Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi berharap, setelah terselesaikannya pembangunan jalan tersebut, dapat mengangkat perekonomian masyarakat di wilayah yang dilintasi.

Punya Wisata Andalan, Purwakarta Targetkan 3 Juta Wisatawan

Pembangunan jalan tembus sebagai penghubung antarkota, yaitu ke Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Bogor telah mulai dikerjakan. Akses jalan yang kini sedang dibangun, sebelumnya merupakan daerah yang kesulitan karena terisolir oleh Bendungan Waduk Juanda Jatiluhur.

"Kami sedang terus membangun jalan kabupaten dan harus tuntas terbangun 100 persen pada 2016. Diharapkan setelah selesai, keberadaan jalan itu dapat meningkatkan perekonomian masyarakat," kata Dedi, Rabu 11 November 2015.

Sementara itu, berdasarkan data Dinas Bina Marga Purwakarta, total panjang jalan di Kabupaten Purwakarta saat ini sepanjang 727.550 kilometer. Hingga kuartal III-2015, 84 persen jalan, atau sepanjang 611.830 kilometer sudah terlapisi aspal dengan komposisi hotmix dan lapen. Sekitar 55.970 kilometer (delapan persen) jalan menggunakan teknik pengerasan cor beton.

 "Sejak awal, upaya perbaikan dan pembangunan jalan memang menjadi target utama Pak Bupati," ujar Budi Supriyadi, kepala Dinas Bina Marga Purwakarta.

Ada pun sisanya sepanjang 59.750 kilometer (8 persen) masih berupa jalan batu, kerikil, dan tanah. Dari panjang ini, sekitar 44.285 kilometer, atau enam persen kondisinya masih kritis.

Bupati Purwakarta: Patung Wanita Telanjang Silakan Dibakar

Laporan: Jay Ajang Bramena

(asp)

Desa Sejuta Batu

Lima Tempat Wisata Super Unik di Purwakarta

Salah satunya, Museum Bale Panyawangan Diorama.

img_title
VIVA.co.id
1 Agustus 2016