Pimpinan KPK Baru Harus Buktikan Keraguan Masyarakat

Uji Makalah Capim KPK
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi
VIVA.co.id
Tolak Revisi UU KPK, Gerindra Nyatakan Bukan Cari Muka
- Anggota Komisi III DPR Arsul Sani menyangkan ada kalangan yang menganggap lima pimpinan baru Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pilihan DPR tidak pas dan hasil dari 'perundingan' para politikus di DPR.

Komisi III Nilai Deponering Kasus AS dan BW Tidak Perlu
"Kalo dikaitkan dengan pembidangan dari Panitia Seleksi (Pansel) maka lima pimpinan KPK terpilih mewakili unsur penindakan. Basyaria dan Alexander," kata Arsul saat di hubungi, Jumat, 18 Desember 2015.

KPK dan BPK Sepakat Sempurnakan MoU
Ia menambahkan dua orang lainya memenuhi unsur pencegahan, koordinasi dan supervisi. Keduanya adalah Laode Mohammad Syarief dan Saut Situmorang. Sedangkan satu orang sudah sesuai unsur manajemen organisasi, yaitu Agus Raharjo.

"Nah, jadi kesan bahwa DPR hanya memilih orang yang hanya fokus pada bidang pencegahan, maka saya kira penilaian itu kurang tepat," ujar Arsul.

Menurut politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini, tugas DPR sudah selesai dengan memilih lima nama dari 10 nama yang diajukan Presiden sebagai calon pimpinan KPK. Selanjutnya tinggal pimpinan KPK terpilih membuktikan kinerjanya.

"Lima pimpinan KPK ini harus menjawab keraguan masyarakat. Mereka perlu membuktikan kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan pimpinan KPK jilid III yang digantikan," katanya.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya