Orang 'Freeport' Masuk Istana, Teten: yang Angkat Luhut

Presiden Joko Widodo.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma
VIVA.co.id
Menko Luhut Berencana Kunjungi Reklamasi Pulau G
- Yuni Rusdinar, mantan Vice President Government Relations PT Freeport Indonesia, masuk Istana melalui Kantor Staf Kepresidenan (KSP). Setelah melepaskan jabatannya di PT Freeport Indonesia, Yuni direkrut masuk Istana lewat Kantor Staf Kepresidenan.

Menteri Arcandra Bicara Masa Depan Freeport

Namun banyak pihak beranggapan, ada kepentingan yang ia bawa, terlebih di tengah-tengah kasus Freeport belakangan ini.
Jokowi Minta Luhut Bereskan Persoalan Reklamasi


Menyikapi hal itu, Teten Masduki selaku Kepala Staf Presiden, memberikan klarifikasi soal posisi Yuni. "Saudara Yuni Rusdinar adalah tenaga ahli utama untuk melakukan monitoring dan evaluasi, dan tidak pada posisi pengambil keputusan strategis," kata Teten dalam keterangan resminya, di Istana Negara, Jakarta, Selasa 22 Desember 2015.


Teten mengatakan, Yuni masuk Istana dan menjadi bagian dari KSP, bukan karena dia yang angkat. Melainkan, Kepala Staf Presiden sebelumnya.


"Yuni diangkat oleh Kepala Staf Presiden saat itu, Luhut Pandjaitan, setelah meninggalkan PT Freeport Indonesia di awal tahun 2015," kata Teten.


Teten mengatakan, Yuni diangkat sebagai profesional sesuai dengan kemampuan dan kompetensinya. Yakni dengan tugas pokoknya sebagai tenaga ahli utama pada deputi bidang pengendalian dan pengawasan program prioritas pemerintah.


"Karena itu Yuni tidak ada konflik kepentingan maupun hubungan apa pun dengan Freeport Indonesia," kata Teten.


Sebelumnya, mantan staf khusus Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Andi Arief, menuliskan di akun twitternya. Bahwa ada orang Freeport menjadi pegawai di Kantor Staf Kepresidenan.


"Orang Freeport yang diangkat Luhut dan Jokowi di Kantor Staf Presiden namanya Yuni Rusdinar, jabatan di Freeport (adalah) Govt Relation. Skandal ini," kicau Andi dalam akun Twitter-nya, @AndiArief_AA, pada Sabtu, 19 Desember 2015.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya