KPU Tetapkan Zumi Zola Gubernur Terpilih Jambi

Rapat pleno terbuka penetapan gubernur dan wakil gubernur Jambi 2016-2021
Sumber :

VIVA.co.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jambi akhirnya menetapkan pasangan Zumi Zola-Fachrori Umar pemenang di pemilihan gubernur (Pilgub) Jambi periode 2016-2021. Penetapan ini dilakukan dalam rapat pleno terbuka KPU Provinsi Jambi di Hotel Abadi Jambi, Rabu malam 23 Desember 2015.

KSAD Tegaskan TNI AD Tegak Lurus Selama Masa Transisi Kepimpinan Presiden Jokowi


Penetapan Zumi Zola-Fachrori Umar sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi sesuai dengan hasil rekapitulasi suara Pilkada Jambi tiga hari sebelumnya. Pasangan Zumi-Fachrori memperoleh 968.497 suara. Sedangkan calon petahana, Hasan Basri Agus-Edi Purwanto (HBA-EP) hanya memperoleh 639.075 suara.

Disampaikan Ketua KPU Provinsi Jambi, M Subhan, pleno terbuka penetapan pasangan calon terpilih tersebut merupakan rangkaian akhir dari semua kegiatan yang telah dilakukan. Semua rangkaian Pilkada serentak diakuinya telah berjalan dengan aman dan tertib.

PKB Bakal Usung Ida Fauziyah-Hasbialla Ilyas di Pilkada DKI

"Kita tetapkan pasangan Zomi Zola dan Fachrori Umar sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi periode 2016-2021 mendatang," kata Subhan kepada wartawan.

Proses selanjutnya, KPU akan mengusulkan surat keputusan (SK) dan sekaligus pelantikan kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

Golkar Tepis Isu Istri Ridwan Kamil Mundur dari Bursa Pilkada Kota Bandung

Dikatakannya, pelantikan akan dilakukan serentak bagi daerah yang melakukan pemilihan kepala daerah secara serentak. Kecuali bagi kepala daerah yang jabatannya belum habis akan dikembalikan ke Mendagri.

Diakui Subhan, meski dalam pemilihan kepala daerah di Provinsi Jambi masih terdapat gesekan, pihaknya menilai pilkada masih tergolong kondusif.

Pada rapat pleno terbuka tersebut tidak dihadiri Zumi Zola, gubernur terpilih. Hanya terlihat wakil gubernur terpilih, Fachrori Umar.

Fachrori mengaku bahagia karena KPU telah menetapkan Zumi Zola bersama dirinya sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi periode 2016-2021.

"Sekarang tinggal melaksanakan program sesuai dengan yang telah kami janjikan," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya