2.857 Botol Bir Bekas Disulap Jadi Pohon Natal

Pohon Natal terbuat dari botol Bir bekas
Sumber :
  • ANTV/Judith Lorenzo Taolin

VIVA.co.id - Sekelompok pemuda di Kelurahan Kefa Selatan, Kabupaten Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur (NTT), menyulap ribuan botol bekas menjadi pohon Natal.

Ikan Unik di Minahasa Diincar Orang Asing

Sensasi pohon Natal dari botol bekas itu menarik perhatian pengguna jalan di persimpangan terminal Kota Kafemenanu, Timor Tengah Utara, NTT.

Pohon Natal yang dibuat menggunakan 2.857 botol bekas Bir Pilsener itu tingginya mencapai 15 meter. Disusun dalam 29 tingkat. Pohon Natal unik itu juga diapit dua pohon Natal lain yang terbuat dari tangkai bunga kelapa kering yang dicat putih.

Kawula muda yang tergabung dalam Kelompok Generasi Advena ini rupanya sengaja memajang tiga pohon Natal yang dibuat tepat di persimpangan, memasuki terminal Kota Kefamenanu. Tujuannya untuk menjadikan daya tarik bagi siapapun yang melewati jalur tersebut.

Uniknya, dari 227 lebih anggota Kelompok Generasi Advena, terdapat puluhan pemuda Muslim yang telah bergabung sebagai anggota selama tujuh tahun. Pemuda Muslim juga terlibat aktif dalam pembuatan pohon Natal unik ini.

Koordinator Kelompok Generasi Advena, Konis Tade, mengatakan tiga pohon Natal yang terbuat dari botol bir setinggi 15 meter, dan pohon Natal yang terbuat dari tangkai bunga kelapa setinggi 3 meter. Dikerjakan hanya dalam waktu tiga hari.

"Ini dibuat atas kerja sama pemuda Kristiani dan Muslim yang tergabung dalam Advena Generasi," kata Konis Tade di Kafemenanu, NTT, Kamis, 24 Desember 2015.

Sementara itu, menurut Konis, digunakannya botol bir bekas sebagai material pohon Natal untuk menunjukkan kepada orang banyak bahwa sebenarnya barang bekas dapat bermanfaat jika dikelola dengan baik.

"Tanpa harus membuang biaya yang besar bagi yang berekonomi pas-pasan," ujar Konis.

Konis juga mengaku telah menghabiskan uang sebesar Rp13 juta untuk membuat pohon Natal dari botol bir bekas. Dana tersebut bersumber dari iuran per bulan seluruh anggota Advena Generasi yang berjumlah 227 orang. Kegiatan ini rutin dilakukan Advena Generasi setiap tahunnya.

Pohon Natal ini pun sengaja diletakkan di jalur ramai, sehingga dapat menjadi daya tarik setiap orang yang lewat. Tiga pohon Natal buatan pemuda Generasi Advena juga dilengkapi dekorasi lampu khas Natal, agar semakin mempercantik saat dipajang di malam hari.

Untuk mengantisipasi hujan dan angin kencang, tiga pohon Natal tersebut dililit dengan kawat di sekelilingnya.

Diketahui, pohon Natal unik dari botol bir ini pada tahun 2014 lalu menempati urutan terbaik kedua di dunia setelah China. Pada tahun 2014 lalu, pohon Natal dibuat dengan tinggi mencapai 8 meter, sementara tahun ini dengan ketinggian mencapai 15 meter. (ase)

Judith Lorenzo Taolin

Keluarga Waluyo Sempat Terima Santunan Rp35 Juta
Jambret di Palembang babak belur dihajar massa, Rabu (10/8/2016)

Dijambret, Nenek 70 Tahun Tangkap Sendiri Pelakunya

Saat dijambret, nenek Fauziah refleks menggigit tangan pelaku.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016