Gunung Soputan Erupsi, Bandara Sam Ratulangi Ditutup

Gunung Soputan di Minahasa Tenggara mengalami erupsi
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Adwit B Pramono
VIVA.co.id
750 Hektare Lahan Pertanian di Minahasa Terancam Gagal Panen
- Erupsi Gunung Soputan di Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara, masih terus terjadi. Akibatnya, penerbangan di Bandara Sam Ratulangi Manado ditutup sementara dan sejumlah penerbangan pada Selasa malam ini hingga besok pagi dibatalkan.

"Pesawat Lion Air malam ini yang batal terbang adalah JT 770 Jakarta-Manado pukul 22.00 WITA, JT 740 dari Makassar ke Manado pukul 22.20 WITA. Kemudian JT 730 Balikpapan-Manado dan JT 926 Denpasar-Manado. Praktis untuk Lion Air ada empat flight yang dicancel," ujar Meldy Hebingadil, petugas Lion Air di Bandara Sam Ratulangi, Selasa 5 Januari 2016.

Truk Polisi Penghalau Massa Dipakai Bersihkan Abu Soputan

Halendra Waworuntu, GM Angkasa Pura I Bandara Sam Ratulangi Manado membenarkan pembatalan penerbangan tersebut. Menurutnya, total ada 7 penerbangan yang cancel.

"Selain Lion Air 4 penerbangan, ada juga Garuda 2 penerbangan dan Citilink 1 penerbangan," ujarnya.

Erupsi, Gunung Soputan Dilarang Didaki

Dia menyebutkan pembatalan disebabkan ketinggian debu akibat erupsi Gunung Soputan mencapai 40 ribu feet. "Itu jalur favorit pesawat dari Australia ke Asia dan sebaliknya. Pembatalan demi keselamatan penerbangan. Dan kami lakukan setelah mendapat warning dari BMKG," katanya.

Bandara Sam Ratulangi

Bandara Sam Ratulangi Manado Kembali Ditutup

Penutupan bandara terkait erupsi Gunung Soputan.

img_title
VIVA.co.id
14 Januari 2016