14 Desa Diselimuti Abu Vulkanik Gunung Soputan

Erupsi Gunung Soputan di Minahasa
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Adwit B Pramono
VIVA.co.id
Bandara Sam Ratulangi Manado Kembali Ditutup
- Sebanyak 14 desa di dua kabupaten di Sulawesi Utara, Minahasa Tenggara dan Minahasa Selatan, tertutup abu vulkanik akibat erupsi Gunung Soputan.

750 Hektare Lahan Pertanian di Minahasa Terancam Gagal Panen

Sejumlah desa itu yakni Desa Noongan, Tumaratas, Langowan, Ton Ure, Ton Ure 2, Ton Sawang. Kemudian Desa Ton Sawang Selatan, Pinabetengan, Pinabetengan Selatan, Pinabetengan Utara, Pangu, Pangu 1, Pangu 2 dan Desa Kalatin.
Truk Polisi Penghalau Massa Dipakai Bersihkan Abu Soputan


"Paling parah di Desa Pangu karena aktivitas warga lumpuh total. Gunung Soputan hingga pagi ini masih mengeluarkan lava pijar," kata Asep, Petugas Pengamatan Gunung Soputan, Rabu 6 Januari 2016.


Bupati Minahasa Tenggara James Sumendap meminta masyarakat menjauhi kaki gunung hingga radius 4,5 kilometer. "Tidak boleh ada warga di sekitar itu. Saat ini BPBD sedang melakukan koordinasi di lapangan kebutuhan apa yang diperlukan masyarakat. Memang belum ada warga yang mengungsi tapi kami minta tetap waspada karena gunung terus bereaksi," ujar James.


Gunung Soputan kembali mengalami erupsi pada Senin 4 Januari 2016. Saat ini, gunung api dengan status Siaga Level III tersebut masih menyemburkan abu dan awan panas. Belum ada imbauan untuk mengungsi dari aktivtas ini.


Namun warga dan sejumlah petugas telah bersiaga, mengantisipasi kemungkinan terburuk dari Gunung Soputan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya