Kompolnas Sudah Kantongi Nama Calon Kapolri

Kapolri Jenderal Badrodin Haiti dan Wakapolri Komjen Budi Gunawan.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

VIVA.co.id - Kapolri Jenderal Polisi Badrodin Haiti akan memasuki masa pensiun sebagai polisi aktif pada Juli 2016 mendatang. Namun, siapa yang akan mengisi jabatan sebagai orang nomer satu di Polri sudah ramai dibicarakan.

MK Tolak Gugatan Denny, Kapolri Tetap Harus Direstui DPR

Terkait itu Komisioner Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Adrianus Meliala mengatakan sudah mengantongi sejumlah nama-nama Jenderal bintang tiga calon Kapolri. Namun saat ditanya lebih lanjut Adrianus enggan menyebutkan siapa nama-nama tersebut.

"Kalau soal itu (nama-nama calon Kapolri) kami sudah punya data semua. Sekarang kami kan lebih soal fokus kerja, itu kita kerjakan. Masih terlalu jauh juga, makanya itu sekitar bulan Maret-April," kata Adrianus di kantor Kementerian Dalam Negeri, Jalan Medan Merdeka Utara 7, Jakarta Pusat, Selasa 5 Januari 2016.

Kriminolog UI tersebut juga mengungkapkan, Kompolnas sendiri baru akan melakukan seleksi dan wawancara para Jenderal kandidat calon Kapolri, pada bulan Maret-April nanti.

"Mungkin akan baru diintensifkan mendekati bulan Maret. Sekarang ya mungkin tidak usah berdebat dahulu, toh masih bulan Juli Pak Badrodin pensiun. Jadi baru intensif itu sekitar Maret-April," ujar Adrianus.

Nantinya kata Adrianus, tepat di bulan April Kompolnas baru akan mengajukan nama-nama calon Kapolri tersebut ke Presiden.

"Pas di bulan April baru akan diusulkan nama-nama itu ke Presdien," ujarnya.

Soal Calon Kapolri, Buwas: Saya Bukan yang Terbaik

Budi Waseso mengaku tak berambisi jadi Kapolri.

img_title
VIVA.co.id
28 Januari 2016