Indahnya Sri Baduga, Air Mancur Terbesar di Asia Tenggara

Sumber :
  • Jay Ajang Bramena

VIVA.co.id - Ribuan warga di Purwakarta, Jawa Barat, pada Sabtu malam, 9 Januari 2016, tumpah ruah ke areal Taman Sribaduga Maharaja Situ Buleud Purwakarta, Jawa Barat, untuk menyaksikan diluncurkannya air mancur yang diklaim sebagai air mancur terbesar di Asia tenggara, dan disebut pesaing Wing Of Times di Singapura.

Dengan antusias mereka datang dari berbagai penjuru Purwakarta, untuk menjadi saksi sejarah keberadaan air mancur tersebut. Bahkan banyak di antara pengunjung yang datang dari luar Purwakarta, seperti Bandung, Sukabumi, Cianjur, Karawang, Subang, hingga Bekasi.

"Penasaran ajah dan pengen tahu megahnya air mancur yang katanya terbesar di Asia Tenggara," kata Aci, salah seorang pengunjung asal Bandung.

Tepuk tangan bergemuruh dan decak kagum terdengar ketika waktu menunjukan pukul 22.00 Wib, ketika air mancur resmi diresmikan oleh Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi. Serta dinyatakan dibuka untuk umum.

'Kereeeen bangeeeet. Purwakarta Istimewa," teriak para pengunjung.

Air mancur Sribaduga Maharaja, adalah air mancur yang menampilkan tarian, dengan beragam animasi melalui Aqua Screen. Selain itu tampil juga air mancur dengan bentuk semburan api dan beragam keunikan lain yang ditampilkan.

"Air mancur ini saya buka, dan saya dedikasikan jika air mancur ini merupakan milik kita semua. Agar masyarakat terutama warga Purwakarta bahagia dan bangga," kata Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi dalam perbincangan dengan VIVA.co.id, Minggu, 10 Januari 2016.

Menurut Bupati Dedi, peresmian air mancur Sri Baduga Maha Raja kali ini merupakan peresmian tahap kedua, setelah kualitas air mancur ditingkatkan dari semula semburan air yang hanya dua meter, kini ketinggiannya menjadi enam meter.

"Pembangunan air mancur Sri Baduga Maharaja Kali ini telah dilakukan sejak tahun 2013 hingga 2015, dan penyempurnaannya akan dilakukan pada tahun 2016 ini," ujar Dedi.

Punya Wisata Andalan, Purwakarta Targetkan 3 Juta Wisatawan

Air Mancur Taman Sribaduga Maha Rahaja

Sementara, peresmian tahap ketiga rencananya akan kembali dilakukan pada Juni mendatang, setelah seluruh pembangunan dengan fasilitasnya tuntas dilakukan.

"Saat ini, pembangunan air mancur Sribaduga baru mencapai 90 persen, tapi Allhamdulilah begitu besar animo masyarakat, sehingga patut saya sampaikan terima kasih bagi seluruh masyarakat Purwakarta," kataya.

Air Mancur Sribaduga, Purwakarta

Bupati Purwakarta: Patung Wanita Telanjang Silakan Dibakar

Pertunjukan air mancur Sri Baduga akan dibuka secara gratis setiap malam Minggu, pukul 19.30 WIB hingga 22.30 WIB. Akan ada efek tambahan sama seperti saat diresmikan.

Selain Sabtu malam, air mancur ini akan tetap dioperasi meski tanpa efek  tambahan. Kemudian kawasan ini juga akan dibuka untuk umum pada minggu pagi. Mulai pukul 05.00 WIB, hingga 09.00 WIB.

Laporan: Jay Ajang/ Purwakarta

Patung Arjuna di Purwakarta Dibakar Orang
Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi

Negara Ini Berdasarkan Konstitusi

Namanya sering dikaitkan dengan Ratu Pantai Laut Selatan.

img_title
VIVA.co.id
7 Maret 2016