Poso Tetapkan Kejadian Luar Biasa Demam Berdarah

Ilustrasi nyamuk penyebar virus Zika.
Sumber :
  • Reuters
VIVA.co.id
Makanan Ampuh Tingkatkan Trombosit saat Terkena DBD
- Pemerintah Kabupaten Poso Sulawesi tengah menetapakn daerah itu sebagai wilayah dengan status Kejadian Luar Biasa (KLB) untuk penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

Kementerian PU dan KLH Diminta Turun Tangan Berantas DBD

Dalam empat bulan terakhir tercatat sudah ada 153 kasus terjadi. Dari jumlah itu tiga orang di antaranya dilaporkan meninggal.
Cerita Jusuf Kalla Soal Walikota Gagal


"Ini wabah DBD di Poso sudah luar biasa. Kita sudah berupaya melakukan penanganan secara maksimal, baik Dinas dan pihak RSU. Akan tetapi tetapi saja terus meningkat," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Poso dr Djani Moula, Senin 11 Januari 2016.


Saat ini, di Poso penyebaran penyakit DBD sudah mewabah di delapan kecamatan yakni Poso Kota, Posos Kota Utara, Poso Kota Selatan, Poso Pesisir, Poso Pesisir Utara, Poso Pesisir Selatan, Lage dan Kecamatan Pamona Utara.


Menurut Djani, upaya pencegahan lewat pengasapan hingga pendistribusian bubuk Abate telah dilakukan kepada masyarakat. Namun sepertinya tak memberikan efek nyata.


Djani mencurigai ada kemungkinan resistensi dari larva nyamuk Aedes Aegypti yang menjadi penyebab DBD. Tak cuma itu muncul dugaan ada varian baru nyamuk yang juga membawa DBD namun lebih kebal terhadap penangkal nyamuk.


"Semua lokasi yang menjadi endemis nyamuk Aedes Aegypti tersebut, sebelumnya sudah disemprot. Tapi dalam beberapa bulan terakhir penyebaran penyakit DBD di lokasi yang sama masih juga terjadi," ujarnya.


Mitha Meinansi/Poso

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya