Agus Tay: Saya Jujur, Margriet yang Bunuh Engeline

Sumber :
  • FOTO ANTARA/Panji Anggoro
VIVA.co.id
Dihukum 10 Tahun Bui, Bekas Pembantu Margriet Banding
- Terdakwa pembunuh Engeline, Agus Tay Hamba May, memberi keterangan usai persidangan yang melibatkan dirinya dalam kasus pembunuhan Engeline usai digelar. Dalam keterangannya, Agus mengaku jika ia berkata jujur, jika Margriet-lah pelaku pembunuhan bocah delapan tahun tersebut.

Hotman Tantang Hotma Taruhan Jam Rp1 M di Sidang Engeline

"Saya bicara sejujurnya, saya tidak bohong. Pelakunya Margriet," kata Agus usai persidangan di Pengadilan Negeri (PN) Denpasar, Selasa 12 Januari 2016.
Agus Tay Tak Mau Banding Jika Dihukum Kurang dari 5 Tahun


Sementara itu, kuasa hukum Agus, Hotman Paris Hutapea menyatakan jika 99 persen keterangan Margriet tak masuk akal. "99 persen keterangan Margriet tidak masuk akal dan bertentangan dengan fakta sebenarnya," katanya.


Menurutnya, keganjilan keterangan Margriet itu mudah sekali dibuktikan. Misalnya lubang yang berubah menjadi gundukan yang tak diketahuinya. Belakangan diketahui di lubang yang berubah menjadi gundukan itulah jasad Engeline dikubur.


"Ada beberapa hal yang dapat ditunjukkan (kebohongan Margriet). Yang paling nyata kebohongan itu soal lubang itu sudah tertutup. Dia mengaku baru tahu tanggal 10 Juni 2015. Lalu ada darah di dalam laci, di kain pel dan terlalu banyak keterangannya bertentangan satu sama lain," ungkap Hotman.


Menurut dia, jika dalam kasus pembunuhan aktivis HAM Munir petunjuk yang minim mampu menyeret pelaku, maka dalam kasus Engeline, di mana banyak puluhan petunjuk yang mengarah kepada Margriet sebagai pelaku utama.


"Kalau dibandingkan kasus Munir yang hanya ada satu atau dua petunjuk, di sini ada lebih dari 40 petunjuk mengenai keterlibatan Margriet. Pelaku utama mengarah ke Margriet. Analisa kami begitu, putusan selanjutnya adalah hakim," kata Hotman. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya