Ini Daftar Pengikut Gafatar Asal Yogyakarta yang Dipulangkan

Sumber :
  • Antara/Jessica Helena Wuysang

VIVA.co.id – Pemerintah Daerah Yogyakarta mencatat, setidaknya ada 50 orang warga mereka yang akan dipulangkan usai pembakaran pemukiman warga eks Gafatar di Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat, Selasa petang, 19 Januari 2016.

Menyusuri Sejarah Kopi di Ethiopia, Menikmati Seduhan Kopi Nusantara

"Data yang kita peroleh ada 50 warga dari Yogyakarta yang tinggal di kampung Gafatar di Mempawah. Dari jumlah itu 20 orang ber-KTP Kota Yogyakarta," kata Komandan Kodim 0734/Yogyakarta, Letkol Hotlan Maratua Gurning, Rabu, 20 Januari 2016.

Guna membantu proses pemulangan, pihaknya bekerjasama dengan pemerintah setempat untuk tindak lanjut setelah mereka tiba di Yogyakarta.

Makar dan Nista Gafatar

"Ketika sudah kembali ke sini (Yogyakarta) tidak mungkin mereka kita usir. Mereka kan rakyat Indonesia juga. Terpenting mereka mau sadar bertobat," kata Gurning.

Ia berharap, warga eks Gafatar yang kini hendak dipulangkan tersebut dapat berubah dan tidak ingin kembali berbuat hal serupa. Sebab, apa yang mereka yakini selama ini menyimpang dari nilai-nilai Pancasila dan ajaran agama. "Dan kami berharap masyarakat mau menerima kembali kehadiran mereka," ujarnya.

INFOGRAFIK: Telatah Gafatar

Berikut data sementara warga eks Gafatar asal Yogyakarta:

1. AHS asal Kotagede.

2. MS asal Kotagede.

3. MAD asal Kotagede.

4. ASS asal Kotagede,

5. NA asal Kotagede.

6. AC asal Kota Yogya.

7. PY asal Kotagede

8. AC asal Kotagede

9. SNH asal Kotagede

10. LA asal Gedongtengen.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya