Total Pengungsi Eks Gafatar di Kalbar 1.611 Jiwa

Sumber :
  • VIVA/Aceng Mukaram

VIVA.co.id - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mempublikasikan data jumlah dan daerah asal para mantan anggota Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) yang kini berada di lokasi pengungsian di Kalimantan Barat (Kalbar). Jumlah total eks Gafatar yang masih berada di Bekangdam TNI Pontianak sebanyak 1.611 jiwa.

"Data akan terus berkembang dan bertambah," ujar Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum, Kemendagri, Soedarmo, saat pemaparan hasil rapat koordinasi antarkementerian terkait di Gedung Kemenko Pembangunan ManuSia dan Kebudayaan pada Jumat, 22 Januari 2015.

Dari total jumlah tersebut, sebanyak 712 orang berasal dari Jawa Timur, 145 orang dari Jawa Tengah, 276 orang dari DI Yogyakarta, 247 dari Jawa Barat, 90 orang dari DKI Jakarta,4 orang dari Banten, 13 orang dari Medan, 99 orang dari Riau, 2 orang dari Aceh, 4 orang dari Sumatera Barat, 8 orang dari Kepulauan Riau, 4 orang dari Kalimantan Barat, 2 orang asal Sulawesi Selatan, 3 orang dari Kalimantan Tengah dan 4 orang dari Lampung.

"Tapi kami belum mendata sampai sedetail mungkin, berapa laki-laki, perempuan dan anak-anak," tambahnya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Dirjen Perlindungan Penjaminan Sosial, Andi ZA Dulung, mengatakan pemerintah belum bisa memastikan rampungnya pemulangan para muhajir tersebut. 

"Tergantung sampainya kapal KRI kapan, bisa hari ini, bisa dua hari lagi (dipulangkan)," kata Andi. (one)



 

Pemerintah Jamin Aset Eks Gafatar di Kalimantan Aman
Longsor

Banjarnegara Kembali Longsor, 158 Jiwa Mengungsi

Listrik di lokasi longsor padam.

img_title
VIVA.co.id
25 Maret 2016