Pemerintah Bina Eks Gafatar Kembali ke Masyarakat

Menteri Korrdinator PMK, Puan Maharani
Sumber :
  • VIVA.co.id/Agus Tri Haryanto

VIVA.co.id – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani menuturkan pemerintah akan melakukan pendataan dan pembinaan terhadap eks Gafatar.

Makar dan Nista Gafatar

"Pendataan dan pembinaan itu berkaitan dengan nilai kebangsaan dan agama. Bahwa apa yang mereka lakukan itu, bukan suatu hal yang terbaik," kata Puan di Bali, Selasa 26 Januari 2016.

Menurut Puan, pemerintah akan memfasilitasi mereka pekerjaan, utamanya kaum perempuan, seperti di bidang usaha mikro kecil menengah dan kerajinan. "Sehingga, perempuan ini mempunyai pekerjaan, tetapi tidak jauh dari rumahnya, atau tidak jauh dari keluarganya. Namun, tetap bisa membantu keluarga mencari nafkah," kata dia.

INFOGRAFIK: Telatah Gafatar

Ia mengaku akan terus melakukan koordinasi memastikan hal tersebut. "Sudah dikoordinasikan sebelum dipulangkan ke tujuh provinsi. Nanti, setelah saya pulang dari Bali ini akan melakukan lagi koordinasi untuk menindaklanjuti untuk melakukan evaluasi dan monitoring apa yang sudah dilakukan saat kemarin, saat pemulangan-pemulangan," ujarnya.

Ia pun mengaku telah meminta bantuan kepada Kementerian Dalam Negeri dan kepala daerah untuk memastikan eks Gafatar memiliki tempat tinggal layak di daerah pemulangan masing-masing.

Suami Istri Perekrut Anggota Gafatar Divonis Bersalah

"Saya meminta bantuan kepada Kemendagri dan kepala daerah, setelah pemerintah pusat melakukan pemulangan mereka di tujuh provinsi, agar kepala daerah untuk bisa memberi peluang kepada eks Gafatar untuk bisa mendapatkan tempat tinggal yang layak dan tentu saja pekerjaan," kata Puan. (asp)

Teknik menyeduh kopi dengan alat Syphon Coffee Maker oleh barista Excelso untuk menghasilkan kenikmatan berbagai varian kopi Single Origin asli Nusantara, Selasa (9/7/2019). (FOTO: Lely Yuana/TIMES Indonesia)

Menyusuri Sejarah Kopi di Ethiopia, Menikmati Seduhan Kopi Nusantara

Kisah Kaldi di Ethiopia hingga kesuburan tanah Nusantara.

img_title
VIVA.co.id
9 Juli 2019