Menko PMK Siapkan Peta Jalan Pemulangan TKI

Sumber :
  • Aceng Mukaram/Pontianak

VIVA.co.id - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani mengatakan, pemulangan Tenaga Kerja Indonesia Bermasalah (TKIB) akan dilakukan secara reguler. Oleh karena itu, kementerian sudah menyusun peta jalan atau yang lebih dikenal dengan istilah road map pemulangan TKIB.

"Dalam rapat koordinasi disepakati target pemulangan dan pemberdayaan TKIB 50 orang per tahun selama lima tahun ke depan, 2015 hingga 2019," kata Menko PMK Puan Maharani di Jakarta, Rabu 27 Januari 2016.

Tahun 2015, menurut Puan, pemerintah melampaui target itu, karena berhasil memulangkan 92 TKIB dari sejumlah negara. Pembuatan peta jalan pemulangan TKI tak bukan, karena arahan Presiden Jokowi pada 2014 yang menargetkan bahwa dalam pemerintahannya akan bisa memulangkan seluruh TKI bermasalah tersebut.

Peta jalan pemulangan TKIB ini bisa menjadi panduan berbagai pemangku kepentingan untuk memberi perlindungan dan memulangkan para TKIB.

"Target itu terlewati karena pemerintah sudah pulangkan 92 orang pada 2015," kata dia soal pemulangan TKI tahun lalu.

Selain menjadi panduan, pemulangan TKIB melalui peta jalan itu, menurut Puan, akan membuat koordinasi soal data jumlah TKI lebih dimudahkan.

Kejam, Suami Istri Ini Jual dan Lacurkan TKI di Malaysia
Kadis Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jabar, Fery Sofwan Arif

Retribusi Perusahaan Pengguna Tenaga Kerja Asing Naik

Ini untuk mengurangi penggunaan tenaga kerja asing.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016