900 Mantan Pengikut Gafatar Berlabuh di Jakarta

KRI Teluk Penyu
Sumber :
  • Danar Dono - VIVA.co.id

VIVA.co.id - Sebanyak 900 orang mantan pengikut kelompok Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) berlabuh di Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Definisi 'Makar' Tidak Jelas, Pemerintah Salah Kaprah

Para mantan pengikut kelompok Gafatar tiba di Jakarta dengan menumpang Kapal KRL Teluk Penyu 513 milik TNI AL.

Setelah kapal melempar sauh, seluruh mantan pengikut Gafatar langsung diarahkan bus-bus yang telah disiapkan untuk dibawa ke tempat rehabilitasi Asrama Haji Pondok Gede, Bekasi.

Asisten Operasi Danlantamal III, Kolonel Laut Eko Wahjono mengatakan, 900 mantan pengikut Gafatar itu merupakan mereka yang selama ini ditempatkan kelompok ilegal itu di Pontianak, Kalimantan Barat.

"Pagi ini 900 eks gafatar tiba di Dermaga Mako Kolinlamil Jakarta Utara. Menggunakan kapal KRI Teluk Penyu 513, mereka berangkat dari pontianak Sabtu lalu. Selanjutnya mereka diangkut dengan 15 bus Damri yang telah disediakan dan akan diantar ke asrama haji  Bekasi" kata Kolonel Laut Eko Wahjono

Menurut Eko, KRI Teluk Penyu juga mengangkut barang-barang milik mantan Gafatar.  "Barang barang kita angkut dengan 7 Truk TNI AD," ujarnya menambahkan.

Dalam rombongan tersebut, terdapat 6 pengungsi yang sakit dan langsung diangkut menuju rumah sakit guna mendapatkan perawatan. "Tadi ada 6 yang sakit selama perjalanan,langsung kita rujuk ke RSUD Koja," katanya.

(mus)

Kasus Gafatar, Polisi Sudah Periksa 50 Saksi
Kepala Bagian Penerangan Umum Mabes Polri, Kombes Pol Martinus Sitompul

Polisi Segera Limpahkan Berkas Kasus Gafatar

Penyidik masih melengkapi berkas penyidikan tiga petinggi Gafatar.

img_title
VIVA.co.id
4 Agustus 2016