Lapas Khusus Teroris Mulai Dibangun di Sentul

Ilustrasi napi di penjara.
Sumber :
  • ANTARA

VIVA.co.id - Lembaga Pemasyarakatan (lapas) terpidana kasus terorisme, diungkapkan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Saud Usman Nasution sudah mulai dibangun di daerah Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Negara Ini Tuduh Iran sebagai Negara Teroris, Kok Bisa?

"Di Sentul sudah dibangun penjara deradikalisasi," ungkapnya saat ditemui di kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, Selasa 2 Februari 2016.

Rencananya, para narapidana akan mendapat pembelajaran agar mampu berubah serta tidak lagi terlibat dalam kasus yang sama.

Mantan Teroris Poso Dukung Penuntasan Masalah Terorisme di Sulawesi Tengah

Saud mengatakan, para napi kasus terorisme sering kali mendapat ancaman dari napi sejenis, sehingga mereka yang ingin berubah meminta untuk dipisahkan.

"Mereka minta dipindahkan. Hal ini merupakan upaya untuk deradikalisasi supaya napi yang kooperatif tidak balik lagi menjadi radikal," tuturnya.

8 Terduga Teroris Jaringan JI Ditangkap, Polisi Ungkap Ada yang Berperan Jadi Bendahara

Namun, upaya tersebut masih terkena kendala, terutama tentang legalitas lapas serta penjaga yang dinilai Saud harus memiliki kemampuan khusus.

"Kami akan upayakan secepatnya, Karena terdapat 47 lapas di 13 provinsi di Indonesia itu sudah over kapasitas," ujarnya.

Jenazah korban penembakan KKB di evakuasi

Detik-detik KKB Komplotan Keni Tipagai Serang Polsek Homeyo Intan Jaya yang Tewaskan Warga Sipil

Kebrutalan KKB kembali terjadi yang kali ini menyasar Polsek Homeyo di Intan Jaya Papua.

img_title
VIVA.co.id
30 April 2024