Banjir Rendam Permukiman, Warga Panen Ikan

Ilustrasi/Warga Memancing Ikan di area pemakaman yang terendam banjir
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id – Sejumlah warga korban banjir di Pangandaran, Jawa Barat memanfaatkan luapan banjir yang merendam permukiman mereka dengan memancing ikan.

Dramatis Penyelamatan Bayi dan Nenek Terapung di Tempat Tidur

Menurut warga, meski merugi akibat banjir. Namun luapan air ternyata memberi berkah karena banyak ikan yang terjebak. Dalam sehari, setidaknya warga bisa mengumpulkan ikan hingga 15 kilogram.

"Ikannya banyak, mau mancing dan pakai jala semuanya pasti dapat," kata Mamat, salah seorang warga, Rabu, 17 Februari 2016.

Puluhan Warga Kota Padang Dievakuasi ke Kantor BMKG

Saat ini, banjir merendam 320 hektare lahan pertanian warga di kawasan Padaherang, Pangandaran, Jawa Barat. Luapan air ini berasal dari aliran sungai Citanduy yang mengalami peningkatan volume air usai hujan deras.

Transportasi Lumpuh

Banjir Tangerang, Seribu Lebih Warga Mengungsi

Situasi berbeda dialami warga di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Curah hujan yang tinggi di Kabupaten Ende membuat jalan negara Trans Selatan Flores mengalami longsor.

Akibatnya, transportasi penghubung antara wilayah Kabupaten Sikka, Ende, Ngada dan tiga kabupaten di wilayah barat Pulau Flores lumpuh.

"Kami harus antre selama lebih dari tiga jam. Kami kecewa penanganannya lamban," kata Vitalis Eko, seorang pengguna jalan, Rabu 17 Februari 2016.

Aditya Tri Wahyudi/Tofik Koban

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya