Seskab: Indonesia Jadi Contoh Dunia Tangani Terorisme

Polisi terlibat baku tembak dengan pelaku peledakan bom di kawasan Sarinah, Jalan MH Thamrin, Jakarta, Kamis (14/1/2016).
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id - Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengklaim Indonesia sebagai negara yang sukses melawan terorisme. Cara penanganan pun mulai banyak ditiru oleh negara lain.

Negara Ini Tuduh Iran sebagai Negara Teroris, Kok Bisa?
"Indonesia sekarang ini dijadikan role model dunia (dalam menangani terorisme)," kata Pramono, ditemui di kantornya, Jumat 26 Februari 2016.
 
Mantan Teroris Poso Dukung Penuntasan Masalah Terorisme di Sulawesi Tengah
Sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, dan sebagai negara yang mampu menerapkan demokrasi terbesar ketiga, Indonesia dianggap dunia sukses menangani terorisme.
 
8 Terduga Teroris Jaringan JI Ditangkap, Polisi Ungkap Ada yang Berperan Jadi Bendahara
"Kemudian juga bisa menyelesaikan persoalan teror di Thamrin (14 Januari 2016) dalam waktu yang singkat, kita dijadikan role model untuk itu," ujar wakil ketua DPR 2009-2014 itu.
 
Itu juga dibuktikan, dia melanjutkan, saat US-ASEAN Summit beberapa pekan lalu di Amerika Serikat. Presiden Joko Widodo diberi keleluasaan yang lebih banyak dalam menyampaikan pemaparannya terkait penanggulangan aksi teror.
 
Untuk itu, banyak juga negara lain yang secara khusus mengundang Indonesia, guna memaparkan model penanganan aksi terorisme ini.
 
"Nanti pada April dan Mei, Presiden akan diundang ke beberapa negara, juga akan menyampaikan hal yang sama (penanggulangan terorisme)," ujar mantan Sekjen PDIP ini.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya