Langit Yogya Diprakirakan Berawan saat Gerhana Matahari

Kendaraan melintas di dekat Tugu Yogyakarta.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Noveradika
VIVA.co.id - Langit di sekitar Daerah Istimewa Yogyakarta diprakirakan cerah berawan karena masih dalam musim hujan saat peristiwa gerhana matahari pada 9 Maret 2016. Tetapi masyarakat Yogyakarta tetap dapat mengamati gerhana sebagian itu meski langit sedikit tertutup awan.
Menhub: Bandara Kulonprogo Beroperasi 2019
 
Menurut Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta, Toni Agus Wijaya, gerhana matahari sebagian dapat diamati masyarakat di provinsi itu pada pukul 06.20 WIB hingga pukul 07.30 WIB. Puncaknya atau momen tepat gerhana terjadi pada pukul 07.23. WIB.
Penjelasan RS Sardjito soal Jenazah yang Dianggap Waluyo
 
"Karena saat ini musim hujan maka pada jam tersebut kondisi langit di Yogya akan cerah berawan. Namun masyarakat masih bisa menyaksikan gerhana matahari total," kata Toni di Yogyakarta pada Kamis, 3 Maret 2016.
Polda Yogya Bantah Tangkap Menantu Sultan Terkait Narkoba
 
Dia menjelaskan, pada awal gerhana total, yaitu pada pukul 06.20 WIB hingga puncaknya pada pukul 07.23 WIB, sinar matahari akan meredup. Selanjutnya matahari kembali terang.
 
"Pada saat matahari tertutup bulan, langit di Yogya seperti menjelang petang. Cahaya matahari meredup karena tertutup bulan. Nah, fenomena langka ini akan menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat," ujarnya.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya