Tim SAR Menyelam ke KMP Rafelia 2, Cari Korban

Tim SAR cari korban kapal KMP Rafelia II
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Budi Candra Setya

VIVA.co.id - Tim penyelam Sabtu siang ini bersiap memasuki Kapal Motor Penumpang (KMP) Rafelia II, yang tenggelam di Selat Bali, Jumat, 4 Maret 2016. Mereka berupaya cari penumpang kapal yang masih hilang.

Kepala Seksi (Kasi) SAR Direktorat Kepolisian Perairan (Ditpolair) dari Polda Jawa Timur, Komisaris Polisi Bambang Budianto, mengatakan upaya itu dilakukan karena penyelaman tahap pertama yang dilakukan oleh tim gabungan masih belum membuahkan hasil.

Saat ini tim tersebut sedang mempersiapkan alat-alat yang dibutuhkan. “Kami sudah menganalisa, mengenai perlengkapan apa saja yang kami butuhkan saat melakukan penyelaman di dalam kapal itu nanti,” kata Bambang kepada wartawan melalui telepon seluler, Sabtu, 5 Maret 2016.

Rencananya, tim penyelam akan terlebih dahulu memasuki bagian anjungan kapal. Kemudian, pencarian akan dilakukan pada bagian lainnya di kapal itu secara berurutan.

“Supaya pencarian korban bisa dilakukan sistematis, dan tidak ada satupun bagian kapal yang terlewatkan,” ujar Bambang.

Meski demikian, menurutnya, pencarian tersebut masih bergantung pada kondisi cuaca. Sebab, jika keadaan cuaca buruk maka pencarian tidak bisa dilanjutkan.

“Semoga saja kondisi cuacanya terus baik, karena sampai sekarang cuacanya masih cukup bagus, dan kondusif,” ujar Bambang. (ren)

 

Dimana Raibnya ABK Kapal Pisang VI?
Jenazah para tenaga kerja Indonesia ilegal yang berhasil dievakuasi dari tengah laut usai kapal pengangkut mereka tenggelam di Batam, Rabu (2/11/2016)

Tim SAR Temukan 20 Jasad Korban Kapal Karam di Batam

Saat ini sudah 38 jenazah korban ditemukan.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016