Palembang Nonton Bareng Gerhana Matahari Total

Suasana nobar GMT di Jembatan Ampera
Sumber :
  • VIVA.co.id/Agus Tri Haryanto

VIVA.co.id - Dalam hitungan jam lagi, Palembang akan menjadi kota pertama yang dilintasi oleh Gerhana Matahari Total (GMT). Masyakarat setempat pun mulai memadati area nonton bareng atau nobar GMT di Benteng Kuto Besak (BKB) dan jembatan Ampera.

Cerita Asep, Temukan Granat Aktif Malah Dicuci
 
Meski waktu masih menunjukkan jam empat pagi, ternyata antusias warga ibu kota Sumatera Selatan ini tak terbendung lagi untuk menyaksikan fenomena alam langka tersebut.
Pasangan Ini Menikah di Balik Jeruji Besi
 
Berdasakan pantauan VIVA.co.id yang berada di lokasi, Rabu, 9 Maret 2016, baik warga, turis, peneliti, hingga awak media sudah saling bersiap-siap dalam menyambut GMT di kota Palembang. Mereka mulai berancang-ancang untuk mengambil sudut terbaik untuk melihat proses GMT berlangsung.
Bupati Ogan Ditangkap, KPU Tak Mau Dibilang Kecolongan
 
Tepat di depan BKB, pedagang pun sudah mulai menjajakan dagangannya. Sekadar mencari rezeki dari riuhnya masyarakat yang berduyun-duyun yang menasbihkan diri sebagai penonton GMT.
 
Seperti diberitakan sebelumnya, Palembang menjadi kota pertama dari berbagai kota besar yang dilalui oleh GMT abad ini. Proses terjadinya GMT di Palembang akan berlangsung mulai pukul 06.20 WIB. Pada pukul 08.31 WIB Bulan dan Matahari terpisah, menandakan gerhana telah selesai.
 
Selama proses gerhana terjadi, Palembang akan merasakan GMT pukul 07.20 WIB, di mana proses gelap secara sempurna tersebut akan berlangsung selama satu menit 52 detik.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya