Warga Lampung Protes PLN Lewat Aksi 1.000 Lilin

Aksi 1000 lilin warga Lampung di Tugu Adipura
Sumber :
  • Ardian/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Ribuan warga Kota Bandarlampung, baik orang tua dan remaja, memadati bundaran Tugu Adipura, pada Kamis 17 Maret 2016 malam. Mereka hadir untuk mengikuti aksi menyalakan 1.000 lilin, untuk menyuarakan keluhannya terhadap pelayanan PLN Lampung.

PLN Pasok Listrik ke Tambang Emas, Listrik di Sulut Byar Pet

Acara tersebut digagas oleh Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Lampung, Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Bandaralampung, Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Bandarlampung, Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) serta organisasi mahasiswa Lampung.

Aksi 1.000 lilin tersebut, merupakan bentuk protes terhadap kinerja PLN Lampung, yang dianggap tidak profesional, karena seringnya pemadaman listrik yang terus terjadi di wilayah Lampung.

Begini Modus Praktik Pencurian Listrik

Para aktivis LSM ini menilai, perlu ada gerakan bersama untuk menghentikan pemadaman listrik. Para aktivis mengundang masyarakat untuk menyalakan 1.000 lilin sebagai bentuk keprihatinan terhadap persoalan listrik di Lampung.

"Aksi nyalakan 1.000 lilin malam ini, adalah bentuk keprihatinan warga Lampung atas kondisi kelistrikan yang terjadi di Lampung karena seringnya terjadi pemadaman," ujar Subadra Yani, Ketua YLKI Lampung dalam orasinya.

Fatwa Haram Pencurian Listrik Atas Usul PLN

Dikatakannya, lewat aksi 1.000 lilin ini, diharapkan bisa menggugah PLN Lampung, agar segera menyelesaikan permasalahan listrik yang terjadi.

Pantauan VIVA.co.id, ribuan masyarakat Kota Bandarlampung yang hadir dalam aksi tersebut, bersama-sama menyanyikan lagu Indonesia Raya dengan menyalakan lilin secara bersamaan. Di antara ribuan warga, tampak sejumlah akademisi Universitas Lampung (Unila). Selain itu juga seniman Isbedy Setiawan dan sejumlah tokoh Lampung lainnya.

Aparat kepolisian dari Satuan Lalu Lintas dan Sabhara Polresta Bandarlampung, ikut menjaga keamanan aksi ini di seputaran Tugu Adipura.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya