13 Korban Heli TNI AD akan Dimakamkan di TMP Kalibata

Panglima TNI Gatot Nurmantyo (kanan) usai melihat jenazah korban Heli TNI AD di Poso. Senin 21 Maret 2016
Sumber :
  • Abdullah Hamann

VIVA.co.id – Panglima TNI, Jenderal Gatot Nurmantyo, mengatakan seluruh korban jatuhnya Heli Bell milik TNI Angkatan Darat akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan.

12 Jasad Prajurit TNI Korban Heli MI-17 di Papua Teridentifikasi

Menurut Gatot, para prajurit TNI itu layak dimakamkan di TMP Kalibata karena gugur saat menjalankan tugas menumpas kelompok bersenjata Santoso di wilayah Poso, Sulawesi Tengah. 

"Seluruhnya akan diterbangkan ke Jakarta untuk diidentifikasi dengan benar di Rumah Sakit Polri Kramat Jati, Jakarta. Kemudian seluruhnya akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata,'' ujar Gatot, usai melihat seluruh jenazah di Rumah Sakit Bhayangkara, Palu, Senin, 21 Maret 2016.

Seyogyanya, Presiden Joko Widodo juga datang ke Palu untuk melihat korban kecelakaan Heli Bell milik Polri tersebut. Namun, karena ada agenda lain, maka Presiden memerintahkan Panglima TNI ke Palu untuk melihat kondisi jenazah.

"Beliau (Presiden) menyampaikan turut berduka cita atas gugurnya para anggota TNI dalam kecelakaan helikopter di Poso, saat bertugas mengejar kelompok Santoso di Poso,'' kata Gatot.

Heli MI 17 Milik TNI AD Ditemukan Hancur di Oksibil Papua

Hingga Senin pagi, jenazah 13 anggota TNI termasuk Danrem 132 Tadulako, Kolonel Syaiful Anwar, masih berada di Rumah Sakit Bhayangkara Palu. Seluruh jenazah ini menjalani proses identifikasi oleh tim DVI Mabes Polri dan Mabes TNI.

Usai menjalani identifikasi, 13 jenazah ini akan dilepas secara militer di Makorem 132 Tadulako untuk diterbangkan ke Jakarta. 

Panglima TNI Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Idham Azis mengecek gereja.

Panglima TNI Lepas 4 Jenazah Prajurit Korban Heli MI-17

Panglima TNI ditemani Kapolri Idham Azis.

img_title
VIVA.co.id
18 Februari 2020