Hari Ini, Abu Bakar Baasyir Dipindah ke Lapas Gunung Sindur?

Abu Bakar Baasyir saat di Lapas Pasir Miskin, Nusa Kambangan, Jawa Tengah sebelum dipindahkan ke Lapas Gunung Sindur Bogor Jawa Barat.
Sumber :
  • Humas Kementerian Hukum dan HAM

VIVA.co.id - Terpidana terorisme Abu Bakar Ba’asyir hari ini direncanakan dipindah dari Lembaga Pemasyarakatan Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah. Sedianya, pemindahan mantan pimpinan Pondok Pesantren Al Mukmin Ngruki itu dilakukan pagi ini ke Lapas Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun di lapangan, aparat kepolisian bersenjata lengkap sudah bersiaga di Dermaga Wijayapura, Cilacap, sejak dini hari tadi. Dari surat perintah pemindahan yang beredar di kalangan wartawan, tertera bahwa Abu Bakar Ba’asyir akan diboyong dari Nusakambangan sekitar pukul 08.00 WIB pagi ini.

Dikonfirmasi terkait hal ini, Kabiro Humas Kementerian Hukum dan HAM Efendy B Paranginangin menyatakan, pihaknya belum mengetahui kabar tersebut. Tetapi dia tak membantah bahwa Abu Bakar Baasyir akan dipindahkan dari Nusakambangan.

"Sampai saat ini kami belum tahu kabar di lapangan, kami juga masih menunggu (pemindahan Abu Bakar Ba’asyir)," kata Efendy kepada VIVA.co.id, Sabtu, 16 April 2016.

Bertemu Menteri Australia, Yasonna Bahas Soal Terorisme

Sejauh ini, kata dia, wacana pemindahan memang ada dan sejak jauh-jauh hari dipersiapkan.

"Ada dua wacana, antara di Gunung Sindur atau di markas BNPT di Sentul, Bogor. Tapi belakangan memang mengarah ke Gunung Sindur. Tapi sejujurnya saya belum bisa pastikan," ujar Efendy.

Pengecekan kelaikan sendiri sudah dilakukan, dan lokasi lapas baru tersebut dikatakan aman dan cocok untuk Abu Bakar Ba’asyir.

UEA: Teroris Sebarkan Radikalisme Lewat Video Game
Polisi Antiteror Kanada.

Gelar Operasi Antiteror, Polisi Kanada Lumpuhkan Tersangka

Tersangka bernama Aaron Driver dan ia bertindak tunggal.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016