Buronan BLBI Samadikun Hartono Ditangkap Saat Mau Nonton F1

Para daftar buronan kasus BLBI.
Sumber :
  • kejaksaan.go.id

VIVA.co.id – Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Sutiyoso yang tengah berada di Berlin, memberikan penjelasan tertangkapnya Samadikun Hartono, buronan pengemplang Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI). Seperti diketahui, Samadikun telah berhasil ditangkap di China.

Koruptor BLBI Bayar Lunas Uang Pengganti Rp169 Miliar

Menurut Sutiyoso, berdasarkan informasi intelijen yang sudah matang, BIN meyakini Samadikun akan berada di suatu lokasi di Shanghai karena akan menonton Formula One.

"Saya menugaskan satu tim dari BIN terus mengawasi lokasi," kata Sutiyoso dalam keterangan tertulis yang diterima VIVA.co.id, Senin pagi, 18 April 2016.

Tumpukan Uang Koruptor BLBI Samadikun Hartono

Pada tanggal 14 April 2016 tengah malam waktu setempat, Samadikun benar mendatangi lokasi dan langsung diamankan oleh aparat setempat atas permintaan BIN.

"Saat ini SH berada di bawah kontrol aparat pemerintah China. Proses pemulangannya dilakukan berdasarkan mekanisme internasional yang disepakati dan sesuai dengan hukum negara China. Proses ini tentu memerlukan waktu," ujar Sutiyoso.

Siang Ini Koruptor Samadikun Kembalikan Rp87 Miliar, Cash

Samadikun adalah buronan kasus BLBI sejak tahun 2003. Ia adalah buronan koruptor kedua yang ditangkap di era Jokowi, setelah Totok Ary Prabowo. Mantan Bupati Temanggung ini ditangkap di Kamboja pada 8 Desember 2015.

"Penangkapan tersebut merupakan hasil kerja sama antar berbagai instansi, khususnya Polri dan Kejaksaan Agung yang memberikan data dan informasi tentang TO, serta Kemenlu yang memfasilitasi operasi di luar negeri," katanya. (ase)

Jaksa Agung HM Prasetyo

Selain Samadikun, Ada Buron BLBI Lain Akan Setor Rp55 Miliar

Jaksa Agung Prasetyo membenarkannya

img_title
VIVA.co.id
19 Mei 2018