Kronologi Kerusuhan Lapas Banceuy

Kerusuhan Lapas Banceuy, Jawa Barat
Sumber :
  • Twitter Polda Jawa barat

VIVA.co.id – Narapidana (napi) mengamuk dan membakar di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Banceuy, Bandung, Jawa Barat, Sabtu 23 April 2016. Pemicunya adalah dendam para napi akan kematian rekannya akibat gantung diri lantaran ditangkap membawa masuk narkoba ke tahanan.

Lapas Banyak Masalah, Yasonna Dinilai Hanya Sibuk Pencitraan

Dilansir dari tayangan tvOne, menurut penuturan Asep Barbara, para napi mengamuk karena tak terima temannya ditangkap. Para napi mulanya membakar sebuah mobil ambulans lalu merembet ke barang-barang di sekitarnya sampai membuat ruangan Kalapas terbakar.

Kemarahan tahanan pun tersulut, ketika polisi berusaha menangkap dan menenangkan mereka . Para tahanan pun melempari petugas keamanan Lapas dan polisi dengan batu.

Kerusuhan di Lapas Banceuy Dianggap Prestasi Petugas

"Akibat napi yang tewas, sebelumnya napi tersebut terima narkoba dari luar ke dalam, napi yang melakukan transaksi narkoba tersebut gantung diri, napi lainnya langsung melakukan pembakaran," ucap Asep Barbara, kontributor tvOne.

Tak hanya ruang Kalapas, ruang petinggi lapas Banceuy pun turut terbakar.

Kelebihan Kapasitas, Akar Persoalan Lapas di Indonesia

Para narapidana pun kabarnya masih bertahan di dalam lapas. "Sejumlah napi masih di dalam, jauh dari lokasi kebakaran, sekitar 100 m, dari lokasi kebakaran," ucap Asep.

Sebelumnya, dilansir dari Twitter Polda Jawa Barat, saat kejadian sejumlah unit mobil pemadam kebakaran (damkar) diturunkan untuk memadamkan api. Suasana sempat mencekam, sejumlah tahanan melempari polisi dengan batu dan barang yang ada. Ini terlihat dari informasi Polda Jabar lewat akun twitternya saat peristiwa terjadi pagi tadi.

":08.36 Via @kodent: Tahanan melempari batu ke arah petugas di Lapas Banceuy. Semoga Allah berikan kami keslamatan." tulis Twitter Polda Jawa Barat.

Kebakaran yang terjadi di Lapas Banceuy kabarnya disebabkan oleh kerusuhan antar para tahanan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya