Usai Kebakaran Lapas Banceuy, 20 Penghuni Diungsikan

Petugas kebakaran memadamkan api yang membakar bangunan Lapas Klas II A Banceuy Bandung, Jawa Barat, Sabtu (23/4/2016)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Agus Bebeng

VIVA.co.id – Setelah kebakaran Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Banceuy di Jalan Sukarno-Hata, Bandung, Jawa Barat, Sabtu 23 April 2016, pagi lalu, sebanyak 20 orang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) akan di titipkan di Lapas Kelas IIB Garut.

Kerusuhan di Lapas Banceuy Dianggap Prestasi Petugas

Ke 20 WBP ini rencananya akan menempati ruangan karantina, sebelum masuk areal Lapas Garut. Hal itu diungkapkan Kepala Lapas kelas II-B Garut, Budi Awianto. Namun, hingga saat ini pemindahan belum dilakukan, karena banyaknya berkas-berkas yang terbakar.

"Memang benar sekitar 20 WBP akan dititipkan sementara di Lapas Garut, tetapi sampai saat ini belum juga dilakukan, " ujarnya, Senin 25 April 2016.

Kelebihan Kapasitas, Akar Persoalan Lapas di Indonesia

Pihak Lapas Garut sudah menyiapkan kamar tahanan untuk menampung 20 WBP asal Banceuy. Sedikitnya, lima kamar yang disiapkan untuk ke 20 WBP. "Ya, sekitar limzbuah kamar yang kami siapkan," kata Budi.

Lanjut Budi, pihaknya belum bisa memastikan kapan ke 20 WBP tersebut akan dipindahkan, mengingat hingga saat ini belum ada koordinasi kembali dengan pihak Lapas Banceuy. "Ya, kami hanya menunggu saja, hingga saat ini pemindahan sementara belum ada kabar lanjutan," katanya. (asp)

Kanwil Kemenkumham Jabar Berharap Mutasi Jabatan Adil
Menkumham Yasonna Laoly.

Lapas Banyak Masalah, Yasonna Dinilai Hanya Sibuk Pencitraan

"Persoalan akarnya, over kapasitas tadi tidak diatasi."

img_title
VIVA.co.id
30 April 2016