Menkumham Targetkan Rehabilitasi Lapas Banceuy Satu Pekan

Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Agus Bebeng

VIVA.co.id – Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Yasonna Hamonangan Laoly beserta jajarannya telah meninjau langsung ke Lembaga Pemasyarakatan Klas IIA Banceuy, Bandung, Jawa Barat usai insiden kerusuhan yang terjadi pagi hari tadi, Sabtu, 23 April 2016.

Lapas Banyak Masalah, Yasonna Dinilai Hanya Sibuk Pencitraan

Menkumham sempat berkeliling dan meninjau kerusakan yang terjadi di dalam lapas khusus narkoba tersebut. Yasonna terkejut melihat kerusakan parah di bekas bangunan yang sebelumnya adalah kantor kepala dan staf lapas.

Menteri yang juga politikus PDIP ini juga melihat bangkai mobil dinas lapas yang ikut terbakar saat kerusuhan terjadi. Yasonna menginstruksikan kepada jajarannya untuk segera merehabilitasi fasilitas lapas agar segera dapat difungsikan kembali.

Kerusuhan di Lapas Banceuy Dianggap Prestasi Petugas

"Khusus untuk kasus Banceuy, Menkumham menginstruksikan agar ada anggaran emergency untuk air dan listrik, dan perbaikan akses keluar masuk dan bangunan yang perlu diselamatkan, diharapkan dapat segera diselesaikan seluruh perbaikan dalam kurun waktu maksimal 1 minggu," demikian keterangan pers tim Humas Kementerian Hukum dan HAM yang diterima VIVA.co.id, Sabtu, 23 April 2016.

Secara umum, Yasonna menginstruksikan seluruh jajarannya untuk merapatkan barisan dan memberikan penyegaran kepada para pejabat dan petugas lapas sehingga kualitas dan integritas tetap terjaga.

Kelebihan Kapasitas, Akar Persoalan Lapas di Indonesia

Beberapa mantan DitjenPas juga memberikan masukan agar diadakan evaluasi dan instruksi resmi ke seluruh kanwil dan UPT, sehingga dapat melakukan aksi sesuai instruksi segera setelah ada kejadian sehingga setiap kasus dapat difollow up dan diharapkan tidak terulang kembali.

"Segala pendekatan penyelesaian masalah atau penggeledahan harus dilakukan dengan sentuhan kemanusiaan, bukan menggunakan ancaman.”

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya