Lapas Banceuy Mulai Diperbaiki

Kerusuhan Lapas Banceuy, Jawa Barat
Sumber :
  • Twitter Polda Jawa barat

VIVA.co.id – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIA Banceuy, Bandung, Jawa Barat pagi tadi, Sabtu 23 April 2016, rusak terbakar dalam kerusuhan narapidana. Setelah terjadinya kebakaran akibat kerusuhan itu, malam ini petugas langsung memperbaiki bangunan. Puing bangunan yang roboh mulai dibersihkan menggunakan bekho.

Lapas Banyak Masalah, Yasonna Dinilai Hanya Sibuk Pencitraan

Langkah awal perbaikan dilakukan dengan menutup area gerbang utama yang sebelumnya hancur, menggunakan besi baja. Sementara di bagian dalam, escavator beroperasi membersihkan puing dari bagian bangunan yang roboh.

Sementara berbagai arsip yang terbakar, sudah diantisipasi pihak lapas dengan mentransfer data cadangan dari kantor pusat.

Kerusuhan di Lapas Banceuy Dianggap Prestasi Petugas

"Perbaikan ini akan secepatnya diselesaikan untuk mempercepat renovasi bangunan Lapas Banceuy. Direncanakan para narapidana akan dipindahkan ke lapas lain di Jawa Barat, namun belum dipastikan tempatnya," kata Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Jawa Barat Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Agus Toyib, Sabtu 23 April 2016.

Kini, Lapas Banceuy juga ditutup Polrestabes Bandung, dengan garis polisi. Selain itu, sekitar 600 petugas disiagakan mengamankan lapas ini. Pengamanan diperketat karena beberapa pintu sel di lima blok tahanan jebol.

Kelebihan Kapasitas, Akar Persoalan Lapas di Indonesia

Pada kesempatan terpisah, Kapolrestabes Bandung, Kombes Pol. Angesta Yoyol, menegaskan telah mengamankan tiga orang narapidana yang diduga menjadi provokator. Kemudian empat orang saksi yang saat ini diamankan di Polrestabes Bandung.

"Sementara tiga provokator kerusuhan di lapas telah diamankan dan dimintai keterangan di mapolrestabes Bandung," ungkap Yoyol.

Laporan: Jhon Hendra/ Bandung-Jawa Barat
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya