Operasi Perburuan Empat Anggota Santoso Terus Berlanjut

Santoso alias Abu Wardah saat masih hidup bersama anggotanya di pedalaman hutan Sulawesi.
Sumber :

VIVA.co.id – Tim operasi Tinombala terus memburu kelompok teroris Mujahidin Indonesia Timur (MIT) pimpinan Santoso alias Abu Wardah.

Bulan Ramadan Waktu yang Tepat Santoso Menyerah

Kepala Satuan Tugas Operasi Tinombala, Komisaris Besar Polisi Leo Bona Lubis menegaskan, akan memburu empat anggota Santoso yang kabur ke wilayah pegunungan di wilayah Poso, Sulawesi Tengah.

"Ke hutan daerah Poso Pesisir Selatan. Poso Pesisir Selatan itu kotanya kecil saja, kanan kirinya gunung dan hutan. Jangan dibayangkan Jakarta, ini di pinggir gunung," kata Leo Bona Lubis saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa 26 April 2016.

Sulut Paling Rawan Jadi Jalur Eksodus Abu Sayyaf dan Santoso

Menurutnya, perburuan Santoso di daerah Poso sangat sulit ditaklukkan, lantaran letak geografisnya. "Jadi medannya sedemikian rupa, terjal, berbukit-bukit," katanya.

Kelompok bersenjata pimpinan Santoso telah bercokol di hutan Poso selama bertahun-tahun. Kelompok ini telah mengatakan berbaiat kepada kelompok Islam radikal di Suriah atau ISIS.

TNI Ajak Anggota Teroris Santoso Nyangkul Sawah

Kelompok ini memanfaatkan hutan sebagai sarang bersembunyi. Sesekali waktu, mereka ke perkampungan untuk mencari makanan. Belakangan sejak sejumlah operasi perburuan terhadap Santoso digencarkan, kelompok ini semakin sulit mencari logistik.

Sebab itu, beberapa anggota kelompok Santoso banyak yang tertangkap dan terbunuh justru ketika mencari logistik di desa terdekat.
 

DPO Terorisme Kelompok Santoso. (Foto ilustrasi teroris).

Puasa Tak Halangi Tim Operasi Tinombala Buru Santoso

Operasi dilakukan dengan kekuatan yang sama.

img_title
VIVA.co.id
7 Juni 2016