Akan Diperiksa KPK, Politisi PAN Terlihat Tegang

Politisi PAN Andi Taufan Tiro (kiri)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA.co.id – Anggota Komisi V DPR dari Fraksi PAN, Andi Taufan Tiro menyambangi Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kamis, 12 Mei 2016. Wakil Ketua Umum PAN itu tiba di KPK sekitar pukul 10.00 WIB dengan ditemani oleh satu orang ajudannya.

Sambangi KPK, Anak Rhoma Irama Bantah Main Proyek: Cuma Joki Kuda

Dikonfirmasi kedatangannya tersebut, Andi enggan berkomentar. Raut wajah Andi justru terlihat tegang dan berjalan terus dengan tidak menghiraukan pertanyaan dari wartawan. "Nanti ya," ujar Andi.

Secara terpisah, Pelaksana harian Kepala Biro Humas KPK menyebut bahwa Andi akan menjalani pemeriksaan sebagai tersangka kasus dugaan suap. Andi sedianya diperiksa sebagai tersangka kasus dugaan suap pada 4 Mei 2016 lalu. Namun dia tidak memenuhi panggilan tersebut.

KPK Duga Banyak Pihak Terima Uang Haram Proyek Fiktif Waskita Karya

Andi diketahui merupakan tersangka kasus dugaan suap dalam proyek pembangunan jalan pada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat tahun anggaran 2016. Dia diduga telah menerima suap dari Direktur PT Windhu Tunggal Utama, Abdul Khoir.

Kasus ini diketahui merupakan pengembangan kasus yang telah menjerat dua anggota DPR yakni Damayanti Wisnu Putranti dan Budi Supriyanto. Keduanya juga diduga telah menerima suap dari Abdul Khoir.

KPK Usut Dugaan Korupsi Proyek Infrastruktur di Kota Banjar

Pada surat dakwaan Abdul Khoir, disebutkan bahwa maksud pemberian suap adalah agar Andi mengupayakan proyek-proyek dari program aspirasi DPR disalurkan di Maluku dan Maluku Utara, serta menyepakati perusahaan Abdul Khoir sebagai pelaksana proyek tersebut.

Proyek yang dimaksud adalah proyek Pembangunan Ruas Jalan Wayabula-Sofi senilai Rp30 miliar serta proyek Peningkatan Ruang Jalan Wayabula-Sofi senilai Rp70 miliar. Proyek tersebut berasal dari program aspirasi Andi Taufan Tiro selaku Ketua Kelompok Fraksi PAN Komisi V DPR. Atas proyek tersebut, Andi total mendapatkan uang sebesar Rp7,6 miliar.

Namun Andi yang sempat diperiksa di persidangan berkelit bahwa dia telah menerima sejumlah uang dari Abdul Khoir. Andi bahkan mengaku tidak tahu menahu mengenai proyek pembangunan jalan di Maluku yang berasal dari dana aspirasi DPR

"Tidak tahu, ya dibuktikan saja yang mulia. Saya Islam yang mulia, saya telah bersumpah, saya tahu hukuman dari perkataan saya," kata Andi menjawab pertanyaan Hakim.

Namun keterangan yang diberikan Andi tersebut lantas diragukan, baik oleh Majelis Hakim dan Penuntut Umum pada KPK. Keterangan Andi diragukan lantaran tidak sesuai dengan keterangan saksi lainnya.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya