Bendungan Karian di Lebak Terindikasi Korupsi, Polisi Tunggu Audit BPK

Proyek Bendungan atau Waduk Karian di Rangkasbitung, Banten
Sumber :
  • Dok Kementerian PUPR

VIVA – Kepolisian Daerah Banten tengah menyelidiki dugaan korupsi pembangunan Waduk Karian di Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Banten. Proyek yang sempat mangkrak 35 tahun itu menelan anggaran sebesar Rp2 triliun.

Menteri PUPR: 61 Bendungan Bakal Rampung di Oktober 2024

"Masih penyelidikan. Karena kita masih menetapkan kerugian negara ke BPKP dan BPK," kata Dirkrimsus Polda Banten, Kombes Pol Rudi Hananto, ditemui di Mapolda Banten, Kamis, 19 Desember 2019.

Sepanjang tahun 2019, Polda Banten berhasil menyelamatkan Rp112 miliar uang negara dari hasil korupsi, seperti dari kasus pengadaan lahan PLN di Cikupa, Kabupaten Tangerang, hingga pembangunan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas (SPBG) di Kota Cilegon.

Innalillahi, Personel Polda Banten Gugur Usai Jaga Jalur Wisata Anyer

"Korupsinya hampir sekitar Rp112 miliar kerugian negara yang bisa kita selamatkan," terangnya.

Perlu diketahui bahwa pembangunan Waduk Karian masuk ke dalam proyek strategis nasional bersama 48 bendungan lainnya di Indonesia. Luas genangan bendungan dirancang seluas 1.740 hektar dan dibuat untuk menampung air baku sebanyak 314,7 juta meter kubik.

Puncak Arus Balik, Polda Banten Siapkan Rekayasa Lalu Lintas

Biaya yang dibutuhkan untuk pembangunan bendungan senilai Rp2 triliun, yang berasal dari dua sumber pendanaan. Pembiayaannya berasal dari Pemerintah Korsel sebesar Rp1,2 triliun untuk konstruksi, dan Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) sebesar Rp800 miliar guna pembebasan lahan.

Pembangunannya dilakukan oleh Daelim yang berkongsi dengan PT Waskita Karya Tbk dan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, yang diawasi oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). [mus]

Presiden Jokowi bersama Wakil Ketua DPR RI Fraksi Partai NasDem Rachmat Gobel

Cek Bendungan di Gorontalo Bareng Rachmat Gobel, Jokowi: Proyeknya Selesai Akhir 2024

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan proyek Bendungan Bulango Ulu di Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo akan selesai akhir 2024. Hal itu disampaikan Jokowi sa

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024